HMPS KPI UIN-Suka Raih Juara 1 Kompetisi Film Pendek

  • 43
    Shares

Yogyakarta – Film pendek berjudul “Kunci” hasil karya Nobita Production yang berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (suka) berhasil membawa pulang penghargaan juara 1 Lomba Film Pendek. Acara tersebut digelar di Pra Kongres dan Musywil Jateng – DIY Forkomnas Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di IAIN Purwokerto sejak 20 hingga 23 Februari kemarin.

Film Kunci ini merupakan hasil buah pikir dari Ahmad Ripay selaku Sutradara dan diproduseri oleh Sylvia Maharani. Film berdurasi  4 menit 16 detik itu mengangkat tema kehidupan mahasiswa.

Rani tidak menyangka film tersebut akan mendapatkan apresiasi. Lebih-lebih merupakan ajang nasional, yang dihadiri oleh seluruh perwakilan KPI se-Indonesia.

“Aku ada dilokasi waktu pengumuman, seneng banget, gak nyangka aja. Soalnya itu tingkat nasional loh, KPI seluruh indonesia ada. Dan baru kali ini KPI UIN Sunan Kalijaga Juara 1. Bergegaslah aku kirim foto piala ke grup Crew, ya semua seneng banget.” kata Sylvia Maharani.

Film “Kunci” ini berangkat dari kegelisahan tentang arti kehidupan, sampai akhirnya dia menemukan sebuah kunci yang menuntunnya mencari arti kehidupan sebenarnya, dalam perjalanan berbagai macam dinamika yang dia temui. Sampai pada akhirnya menemukan jawaban bahwa arti kehidupan yang sebenarnya adalah “Kebebasan”. Karena seorang mahasiswa memiliki peran sentral dimanapun berada. Adapun tujuan dari pembuatan Film tersebut agar  mahasiswa mampu hidup berdampingan dengan segala problematika dan dinamika kehidupan sehingga mampu menyelesaikan masalah dengan keilmuan secara profesional.

Ripay mengaku bahwa selama proses pembuatan film ia mengalami berbagai macam hambatan dan rintangan. Ditambah ia belum pernah bersaing dalam ajang nasional.

“ada beberapa tantangan ketika membuat film “kunci” ini, pertama permasalahan waktu. Kita hanya punya waktu 2 minggu untuk menyelesaikan filmnya dan itu harus sudah selesai memilih crew, menulis naskah, tahap shooting dan editing. Tantangan kedua itu dimana saya mencoba bikin film ini tanpa dialog atau narasi tapi bisa ngasih pesan yang tersampaikan dan tantangan yang sanga berat lagi, perlombaan ini tingkat nasional dan bersaing dengan lawan dari seluruh indonesa yakni mahasiswa KPI”.  ujar Ahmad Ripay

”ini juga prestasi saya yang pertama dalam bidang videografi atau film, dan semoga hal ini menjadi penambah semangat untuk teman-teman yang lain khususnya saya agar terus berkarya dalam bidang visual”. imbuhnya

Reporter : Mira Ayu Maulida (Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

You may also like...

2 Responses

  1. HM. Kholili berkata:

    Mhs KPI keren…. FDK tanpa KPI akan lumpuh…ayo terus berjaya KPI 👍👍👍💪💪💪

  2. Ady Hasan berkata:

    Semoga semakin Banyak mahasiswa KPI yang Berprestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *