MAHASISWA KPI JUARA 1 LOMBA VLOG #MILENIAL ROAD SAFETY FESTIVAL 2019

  • 30
    Shares

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), Ryan Nugroho berhasil menyabet gelar juara 1 dalam ajang Lomba Vlog Milenial Road Safety Festival 2019 yang diselenggarakan oleh D’Paragon yang bekerja sama dengan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dengan mengusung tema “ Mewujudkan Generasi Milenial Cinta Lalu Lintas, Menuju Indonesia Gemilang “. Perlombaan tersebut diikuti oleh para Vloger khususnya daerah Yogyakarta yang bersaing memperebutkan hadiah utama senilai 3 juta dan Ryan mampu mengalahkan 80 peserta lawannya (09/03/2019).

Dalam wawancaranya dengan Jurnalis Serambi, Ryan mengatakan bahwa alasannya mengikuti lomba ini adalah karena memang mewajibkan dirinya untuk terlibat dalam setiap perlombaan dan mencoba meraih prestasi sebanyak mungkin.

“ ya memang targetku 1 bulan itu wajib minimal mendapatkan 1 prestasi. Sebenernya buat tantangan diri sendiri juga, bisa ga sih diriku melewati januari,februari, maret dan Alhamdulillah sukses ada aja yang bisa aku raih ”, ucap Ryan

Ryan mengatakan bahwa vlog yang ia buat hanya memakan waktu yang cukup singkat namun ada beberapa hal yang dirasa cukup sulit dan berat karena menggunakan teknik editing berbeda dari biasanya dan mencari data yang betul-betul kuat.

“ dari take ditambah editing pasti satu hari langsung jadi. Siang sampai sore take malamnya ngedit. Vlogku juga bisa menang kalau dibandingkan dengan yang lainnya, vlogku lebih menggunakan data yang kuat. Sama penyampaiannya yang menarik dibuat info grafik gitu sama kayak aku kasih 3D tracker pas motornya jalan, bukan hal mudah itu sulit dan berat.“ tambahnya

Pembuatan video tersebut tidak sepeserpun mengeluarkan rupiah. Ryan juga sudah memiliki alat-alat pribadi dan hal tersebut cukup memudahkan. Kendala hanya ditemukan pada pengulangan pengambilan video dan baterai habis.

“ Aku keluarin uang cuma buat beli makan sama minum aja dilokasi take, kalo untuk pembuatan videonya sih ga ada karena aku pakai alat-alatku sendiri dan Alhamdulillah sudah support Cuma ya gitu kendala di ngulang-ngulang take nya sama baterai peralatan makin menipis karena kelupaan gak di charger, karena ya dadakan juga sih “ paparnya

Mengawali kreatifitas

Prestasi Ryan dibidang videografi dirintis sejak tahun 2014 sampai sekarang. Sudah 9 kejuaraan ia menangi melalui lomba videografi baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional. Menurutnya pencapaian itu tidaklah mudah untuk didapatkan.

“aku suka video udah dari lama banget 2014an, Cuma baru berani menunjukan iniloh karyaku akhir 2018an kemarin pas juara video Kementrian Agama RI. Mulai dari situlah aku ikut-ikut kompetisi vlog dari yang provinsi sampai yang kelas nasional. Dan Alhamdulillah ditingkat nasional belum pernah gagal”.

Dan ditengah semester akhir Ryan mencoba untuk tetap berprestasi, mengikuti perlombaan-perlombaan, menjadi lebih baik lagi juga terus bersyukur dan menggunakan waktu sebaik mungkin.

“ Alhamdulillah banget, aku bersyukur. Ditengah kesibukan sebagai mahasiswa semester 6 yang hampir akhir ini masih bisa berkesempatan terus berkarya. Aku juga setiap habis pulang kampus selalu buka laptop terus cari-cari referensi video, buat di breakdown cara editingnya, cara pengambilan gambarnya, atau apapun lah yang berkaitan, dan pas aku punya banyak waktu luang aku manfaatin untuk itu”. imbuhnya

Reporter : Mira Ayu Maulida, Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *