3 Ponsel Android Pertama yang Mengubah Peradaban

Foto : cnet.com

Sistem android sekarang sudah hadir lebih dari 2 miliar perangkat di dunia. Sistem android ini sudah berusia 10 tahun lebih, padahal kala itu baru lahir masih penuh bug dan perlu perbaikan sana sini di bagiannya. Sistem android tidak hanya berada di smartphone tetapi juga digunakan dalam bentuk televisi pintar,jam tangan pintar,tablet bahkan lemari es.

Namun, semua itu merupakan hal yang biasa. Tapi tahukah kamu ponsel apa saja yang pertamakali menggunakan sistem android ? berikut ini merupakan ponsel android pertama yang mengubah peradaban sampai sekarang :

1. HTC G1/dream

Pada tahun 2008 ponsel HTC G1/Dream ini menjadi ponsel yang pertama kali di dunia yang dibekali sistem android pada OSnya. Pihak Google memang memperkenalkan android ini pada November 2007 dan perangkat pertama yang menggunakan OS dirilis pada oktober 2008 yang tidak lain adalah ponsel HTC dream ini. Jika dilihat dari perangkat android yang ada saat ini, HTC Dream memang mempunyai ciri khas bentuk yang agak aneh.

Ponsel yang memiliki layar sentuh dan lebar layar 3,2 inci serta menggunakan resolusi 32×480 pixel disertai bagian dagunya terdapat empat tombol fisik, trackball dan keyboard fisik qwerty yang bisa di slide dari perangkat ponsel ini. Ponsel ini juga hadir dengan  OS Open Source yang mengintegrasikan berbagai layanan google seperti Gmail, Maps bahkan Youtube. Kehadiran Ponsel HTC G1/Dream ini dianggap menjadi revolusioner dan diberi sambutan cukup hangat oleh banyak orang pecinta teknologi.

2. Moto Droid

Pada tahun 2009, Kembali ponsel dengan sistem android bermunculan. HTC dream kian kurang dilirik hingga akhirnya lahirlah merek smartphone yang terkenal di Amerika Serikat Moto, dengan sebuah produk yang bernama Moto Droid. Moto Droid ini hadir dengan body setipis RAZR namun memiliki keyboard fisik yang bisa digeser.

Tidak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan dengan HTC Dream, Moto Droid hadir dengan layar yang lebih baik dan dukungan marketing dari Motorola yang bekerjasama dengan Verizon. Ini menjadi menarik dimata pecinta teknologi di zamannya. Moto Droid menjadi ponsel android pertama mereka. Perangkat android hadir dengan sejumlah hal baru yang menarik pada masa itu. Ponsel ini juga jauh lebih ramah dikantong ketimbang iPhone.

3. Google Nexus One atau HTC

Pada tahun 2010, menjadi kolaborasi menarik antara google dan vendor smartphone Taiwan HTC kembali dilakukan dengan kehadiran google Nexus One. Ponsel ini menjadi brand Smartphone pertama kali milik google. Nexus One hadir sebagai sebuah ponsel yang bagus dan memiliki kualitas yang tinggi kemudian pada zamannya ini dianggap sebagai saingan dari Iphone.

Perangkat ini hadir tanpa menggunakan Keyboard seperti dua ponsel android sebelumnya. Nexus One juga dibekali layar OLED dan desain yang indah.

Dilansir dari liputan6 (29/9), Nexus One ini memiliki kekurangan di ekosistem android yang mulai ramai orang memiliki banyak pilihan saat hendak membeli smartphone android dengan harga yang murah. Selain itu masalah lainnya juga terletak pada saat merilis, Ponsel ini juga memiliki waktu yang bersamaan saat apple baru merilis Iphone 4. Sehingga banyak masyarakat lebih mempertimbangkan memilih iPhone 4 ketimbang Nexus One.

Itulah dia 3 Ponsel Android pertama yang mengubah peradaban yaitu ada HTC G1/Dream, Moto Droid dan Google Nexus One atau HTC. Selain ketiga ponsel tersebut masih ada ponsel android pertama pada tahun 2010 yaitu HTC Evo 4G dan Samsung.

Exit mobile version