Akun Penipu Twitter Menjadi Customer Service Bank, Waspadai Modusnya

Akun Penipu Twitter

Foto : phonearena.com

Kabar penipuan yang marak di twitter dengan berkedok akun bank besar sedang hangat dibicarakan. Para penipu melakukan aksi penipuan dengan modus nama bank besar di Indonesia dan mengincar nasabah bank tersebut dengan berpura-pura menjadi customer service  dari akun bank besar. Penipu juga menggunakan akunnya yang sudah dilengkapi semacam bot atau program otomatis untuk memonitor semua percakapannya di twitter.

Kronologi penipuan biasanya berawal dari nasabah dari salah satu bank yang ingin mengadukan suatu komplain atau masalah dengan cara mention akun layanan pelanggan bank tersebut di twitter. Namun yang akan membalas twit komplain tersebut adalah akun-akun penipu. Tujuan tersebut agar nasabah mengira bahwa akunnya adalah akun asli customer care di salah satu bank besar.

Setelah nasabah percaya maka penipu mulai beraksi dengan mengarahkan ke komunikasi personal seperti customer service bank. Jika nasabah lengah dan percaya maka disinilah akan terjebak dan terjadi penipuan. Ini membuktikan bahwa kemajuan teknologi juga membawa dampak buruk seperti kejahatan penipuan online dan kriminalitas. Agar Anda tidak mudah ditipu, Berikut ini ciri-ciri akun penipu twitter dan tips menghindarinya :

1. Memperhatikan Tanda Centang Biru pada akun twitter

Kunci utama agar tidak terkena penipuan adalah dengan membedakan akun palsu bank dengan akun resmi bank. Tips yang paling mudah adalah dengan melihat tanda centang biru pada akun twitter. Centang biru ini menandakan tingkat keaslian suatu akun yang telah diverifikasi oleh twitter. Jika akun tersebut tidak ada tanda centang birunya maka bisa jadi itu merupakan akun bodong.

2. Mengecek kembali apakah akun yang merespons keluhan nasabah memiliki username dengan deretan angka acak.

Menurut analisis yang dilakukan didalam twitter, biasanya para penipu menggunakan username angka acak dengan mengatasnamakan akun resmi seperti HaloBCA. Seperti @halobca456790167 atau @qhal0bca. Jika username twitter tampak seperti deretan angka acak maka anda perlu waspada dan jangan percaya.

Bot penipu yang mengaku customer service bank biasanya juga memiliki akun official yang sama, nama bank dengan berbagai variasi dan akun yang mengandung angka. Selain itu, hal yang harus diperhatikan juga bahwa Akun penipu twitter tidak mempunyai follower dan following.

3. Melakukan modus lewat chat

Tips untuk menghindari penipu di twitter selanjutnya adalah jangan mau dialihkan untuk DM atau chat whatsapp. Penipu biasanya akan meminta berpindah dari twitter ke chat whatsapp atau message instagram dengan modus akan membantu masalah atau Komplain yang anda lakukan.

4. Akun penipu merespons lebih cepat

Modus penipuan ini memang menggunakan akun bot yang hadir lebih cepat dibandingkan akun resmi banknya sendiri untuk merespon masalah atau keluhan yang disampaikan nasabah. Jika sudah sampai tahap chat dan mereka merespon chat anda dengan cepat serta meminta embel-embel uang maka dapat dipastikan akun tersebut ingin menipu.

Pasalnya customer service bank sangat jarang menggunakan media chatting untuk membantu masalah atau komplain nasabah. Biasanya customer service resmi bank menggunakan via telepon seperti call center. Kasus ini semakin besar ketika banyak akun penipu yang melakukan modus sebagai layanan pelanggan dari bank BCA di twitter dalam kurun waktu dua bulan mencapai ada 331 akun. Tidak hanya itu ditemukan akun penipu mengatasnamakan layanan pelanggan bank lain yaitu BNI dalam satu minggu mencapai 113 akun.

Exit mobile version