Beasiswa LPDP Dibuka Mulai 6 Oktober 2020

Foto : blog.schoters.com

Berita terbaru dari lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Resmi dibuka. Pendaftaran program beasiswa LPDP dapat dilakukan pada 6 oktober 2020. Dilihat dari informasi itu diumumkan di akun instagram resmi @lpdp_ri. LPDP menyelenggarakan program beasiswa pendidikan magister  dan doktoral untuk putra-putri terbaik Indonesia.

Untuk pendanaan riset komersial atau implementatif untuk mendorong inovasi serta rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak karena bencana alam. Walaupun di tengah kondisi pandemic Covid-19, tetapi LPDP berupaya untuk tetap membuka dan memberikan beasiswa dengan mitigasi risiko penyebaran virus corona.Jadwal pendaftaran program beasiswa LPDP 2020 ini dibuka mulai 6 hingga 20 oktober 2020.

Seleksi administrasi akan dimulai tanggal 21 oktober hingga 1 november dan jadwal pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi pada tanggal 2 november 2020. Kemudian proses seleksi substansi akan berlangsung dari 4 November hingga 20 november 2020. Sebelum mendaftar beasiswa LPDP pastikan anda sudah mengetahui jenis-jenis beasiswa LPDP.

Ada dua jenis layanan beasiswa yang tersedia yaitu beasiswa pendidik dan beasiswa Perguruan Tinggi Dunia (PTUD). Program beasiswa Pendidik memang diperuntukkan untuk guru tetap pada sekolah di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Beasiswa pendidik juga ditujukan kepada dosen tetap pada perguruan tinggi dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) yang telah memiliki nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

Sedangkan Program Beasiswa PTUD yang diadakan LPDP dikhususkan untuk warga negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doctor. Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan para penerima beasiswa salah satunya yaitu biaya pendidikan gratis dan biaya pendukung juga diberikan dalam beasiswa.

Biaya pendidikan yang dimaksud meliputi biaya pendaftaran, uang SPP Bulanan, tunjangan buku, biaya penelitian tesis/disertasi, biaya seminar internasional dan biaya publikasi jurnal internasional. Kemudian untuk biaya pendukungnya meliputi transportasi, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, biaya keadaan darurat dan tunjangan keluarga (khusus gelar doktor).

Anda tidak perlu bingung untuk tata cara pendaftaran Beasiswa LPDP, Ikuti petunjuk pendaftaran berikut ini :

  1. Anda dapat membuat akun LPDP terlebih dahulu di situs resmi beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
  2. Untuk registrasi, pilih menu registrasi dan isi biodata seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir dan nomor identitas sesuai KTP serta alamat email yang anda punya.
  3. Kemudian verifikasi akun anda dengan memasukkan kembali nomor identitas dan alamat email.
  4. Lalu ikuti petunjuk untuk kembali mengisi informasi pribadi anda
  5. Jika sudah, tinggal memilih kategori beasiswa yang ingin anda daftarkan.

Jika anda telah melakukan petunjuk diatas, dengan membuat akun pendaftar maka anda akan memperoleh akun LPDP berisi informasi pribadi calon penerima beasiswa. Akun LPDP dapat digunakan tidak hanya untuk program beasiswa tahun 2020 saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mendaftar program beasiswa lain di LPDP.

Beasiswa LPDP ini diharapkan akan membantu para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya lebih tinggi dan membuat para guru atau dosen di Indonesia memiliki jenjang pendidikan lebih tinggi lagi. Sehingga setiap tahun pendaftar untuk beasiswa lpdp sangat banyak dan mempunyai persaingan yang cukup ketat.

Untuk informasi lebh lanjut bisa mengunjungi situs resmi www.lpdp.kemenkeu.go.id tentang persyaratan umum dan persyaratan khusus lebih lanjut.

Exit mobile version