BLT Pekerja Belum Dicairkan ?

BLT Pekerja Belum Dicairkan

Gambar : Okezone

Pencairan BLT untuk Pekerja ini memang ramai diperbincangkan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebutkan akan ada 3 pekerja yang menerima subsidi gaji  Rp 600.000 lewat program Bantuan Subsidi Upah (BSU). Subsidi gaji karyawan ini diperuntukkan untuk pekerja dengan gaji dibawah Rp 5 juta perbulan.

Dalam minggu ini Menteri Ketenagakerjaan akan minta 3 juta data pekerja untuk diproses selanjutnya. Hal ini dilakukan untuk mempercepat penyerapan pencairan BLT. Total penerima bantuan pemerintah lewat rekening berjumlah sekitar 15,7 juta Pekerja dan pencairan pada Tahap Awal yaitu 27 Agustus lalu baru menyasar 2,5 juta pekerja yang ditransfer lewat 4 bank BUMN.

Pencairan BLT ini akan bertahap-tahap dan akan dicairkan kembali BLT tahap 2. Menteri Ketenagakerjaan juga menyebutkan bahwa penerima BLT harus bisa bersabar karena tahap pertama baru selesai paling lambat pada akhir September. Yang harus diperhatikan juga bahwa penerima subsidi gaji BPJS  ketenagakerjaan tidak harus mempunyai rekening di bank-bank milik pemerintah tetapi rekening yang masih aktif di bank swasta manapun.

Pencairan BLT bantuan pemerintah ini melalui rekening diberikan pada pekerja/buruh sebesar 600.000 per bulan selama empat bulan dengan total sebesar 2,4 juta dan dicairkan bantuan BPJS dalam 2 tahap masing masing sebesar 1,2 juta. Pekerja yang akan mendapatkan BLT juga bisa memastikan apakah rekeningnya sudah masuk ke BP Jamsostek dengan bertanya pada pemberi kerja atau HRD Perusahaan.

Jadi, peserta tidak perlu khawatir karena peserta dapat menanyakan langsung kepada pihak perusahaan atau pemberi kerja apakah telah menyampaikan nomor rekeningnya kepada BP Jamsostek. Untuk karyawan, bisa juga meminta perusahaan pemberi kerja atau Hrd Perusahaan tersebut untuk meminta informasi tentang status kepesertaannya di BPJS Ketenagakerjaannya.

Ini Berarti sebenarnya pekerja tak perlu mendaftar langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Selama proses pendataan penerima bantuan Rp 600.000 untuk karyawan swasta. Pihak Perusahaan harus Proaktif menyediakan data peserta BP Jamsostek yang bisa menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Kabar baik memang untuk Para penerima BLT bahwa pada tahap 2 pencairan BLT jumlahnya akan lebih banyak dibandingkan tahap pertama yang hanya 2,5 juta. Pada tahap kedua akan dicairkan 3 juta peserta pekerja atau karyawan yang mendapatkan BLT. Lalu kapan Pekerja BLT Tahap 2 akan cair ?  Jawaban dan jadwal pencairan BLT tahap 2 dapat ditemukan via https.//sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Dalam website tersebut juga ada artikel yang menjelaskan Pencairan BLT tahap 2 dan  mengecek daftar nama penerima. Untuk pencairan blt memang cukup lama, Pada tahap pertama saja subsidi gaji karyawan pencairan berjumlah sebesar 1,2 juta dari total subsidi sebesar 2,4 juta selama 4 bulan yang dilakukan melalui transfer 4 bank BUMN atau Himbara ke rekening penerima.

Dalam waktu 4 bulan tersebut sudah terinci penyaluran bantuan subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan di masing-masing bank penyalur dari total 2,5 juta pertama tahap awal yaitu rekening Bank  Mandiri sebanyak 752.168 orang. Kemudian rekening Bank BNI sebanyak 912.097 orang, Rekening Bank BRI sebanyak 622.113 orang dan terakhir rekening Bank BTN sebanyak 213.622 orang.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu sudah termasuk penerima BLT. Syarat lengkapnya bagi pekerja yang berhak memperoleh subsidi gaji BPJS ketenagakerjaan atau subsidi gaji Rp 600.000 diatur dalam peraturan Menaker (Permenaker ) Nomor 14 tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah berupa subsidi gaji/upah dalam penanganan dampak covid-19.

Exit mobile version