Cara Daftar Kartu Prakerja Online 2020

Cara Daftar Kartu Prakerja Online 2020

(Gambar : Liputan6)

Kartu Prakerja merupakan kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum mempunyai keterampilan. Tahukah kamu ? Bahwa kartu prakerja ini dipromosikan oleh Joko Widodo pada saat masa kampanye Pemilihan Umum Presiden Indonesia. Ini diharapkan mampu membantu masyarakat Indonesia yang masih belum menemukan keterampilan mereka.

Namun, akibat krisis dan pandemi corona COVID-19 yang sudah melumpuhkan kegiatan perekonomian Indonesia bahkan dunia ini mengakibatkan dampak yang sangat parah untuk Indonesia. Akhirnya presiden Joko Widodo mengambil inisiatif. Presiden Joko widodo mengambil tindakan untuk segera mempercepat proses realisasi program pembagian dan pengadaan Kartu Prakerja Nasional.

Tindakan ini diambil oleh Presiden Joko Widodo akibat banyaknya PHK atau pemutusan hubungan kerja akibat pandemi corona di  Indonesia. Pemerintah sudah merilis kartu prakerja 2020 sejak bulan April lalu. Bahkan baru kemarin Pelaksanaan Program kartu prakerja Gelombang 5 ini telah ditutup pada 12 Agustus 2020.

Dilansir dari kompas.com Louisa Tuhatu selaku Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menjelaskan Sebelumnya jumlah pendaftar kartu prakerja gelombang 4 telah mencapai 1,2 juta orang. Pendaftar ini berasal dari seluruh provinsi di Indonesia termasuk mereka yang diusulkan oleh kemenaker/BPJS-TK. Pada Gelombang 4 peserta yang akan diterima hanya 800.000 orang.

Nantinya orang yang diterima mendapat Kartu Prakerja ini akan mendapatkan intensif sebesar Rp 3.550.000. Selain itu peserta kartu prakerja juga akan menerima Rp 1.000.000 dalam bentuk voucher untuk membeli pelatihan yang ditawarkan beberapa platform belajar online. Kemudian setelah menyelesaikan Pelatihan Peserta akan Mendapatkan Intensif sebanyak Rp 2.400.000 juta yang masing masing besarnya 600 ribu rupiah perbulan.

Tidak Hanya itu peserta juga akan mendapatkan intensif dari pengisian survey sebesar 150 ribu untuk tiga kali survey. Nah, dengan semua itu diharapkan Kartu Prakerja ini diharapkan dapat membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan, Menjadikan komplemen dari pendidikan formal dan mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan.

Jika anda berminat, berikut tata cara mendaftar Kartu Prakerja Online 2020 :

· Membuat Akun Kartu Prakerja

1. Membuat akun Kartu  Prakerja dengan membuka laman web Prakerja.go.id

2. Kemudian masukkan email atau nomor ponsel

3. Klik daftar

4. Selanjutnya pilih metode verifikasi

5. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via atau melalui email atau sms

6. Jika sudah benar, maka akan muncul pendaftaran berhasil

7. Pemohon telah berhasil membuat akun Kartu Prakerja

·  Mendaftarkan Diri untuk masuk kedalam Program-program Kartu Prakerja

1.  Membuka Laman Prakerja.go.id

2.  Lalu Login masuk ke akun anda yang telah dibuat

3.  Klik daftar Kartu Prakerja

4.  Isi Formulir Pendaftaran

5.  Kemudian Klik Selanjutnya

6.  Melakukan dan mengikuti tes kemampuan dasar

7.  Setelah selesai, Klik tombol “selesai’ pada layar

8.  Sesudah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir serta mengisi tes dasar, Pemohon akan menerima sebuah notifikasi berikutnya di akun mereka masing-masing

Itu dia tata cara mendaftar kartu prakerja online 2020.. Sementara ini gelombang 5 kartu prakerja sudah ditutup tanggal 12 agustus kemarin. Persiapkan diri kalian untuk mengikuti program kartu prakerja gelombang 6. Program Kartu Prakerja ini akan menyasar dan menjaring sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020 saja dan dibagi menjadi beberapa gelombang tersebut.

Exit mobile version