Cara mendapatkan Kuota Gratis dari Pemerintah

Seiring dengan adanya belajar online, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) mempermudah akses pembelajaran jarak jauh dengan bekerja sama  dengan operator seluler. Beberapa operator seluler yang bekerja sama dengan kemendikbud seperti XL Axiata, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (tri).

Operator seluler Telkomsel juga sudah melakukan kerjasama terkait kuota data murah untuk membantu pelajar dan mahasiswa akan pembelajaran jarak jauh selama Pandemi Covid-19. Berikut cara mendapatkan kuota gratis berdasarkan operator selulernya :

1.  Hutchison 3 Indonesia (Tri)

Tri dalam mendukung pembelajaran jarak jauh menyediakan kuota data total 30GB yang gratis untuk siswa,guru dan mahasiswa dan dosen. Kuota data gratis ini bisa digunakan pelanggan baru maupun lama. Operator seluler Tri juga menjelaskan kuota data gratis 30 GB ini terdiri dari kuota 10GB untuk mengakses semua aplikasi.

Serta kuota gratis 20 GB untuk kuota pelajar yang sebagai penunjang saat mengunjungi aplikasi ruang guru,edmodo,zenius dan google classroom dalam 24 jam selama 30 hari. Cara mendapatkan kuota gratis dari Tri dengan mengaktifkan dan mendaftarkan kartu tri sebelum tanggal 31 agustus melalui pendataan di sekolah atau universitas. Kuota 30 GB dari tri ini akan diberikan saat bantuan kuota internet dari kemendikbud telah diaktifkan.

2.  Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo mendukung pembelajaran jarak jauh ini berkolaborasi dengan kemendikbud dan bekerjasama dengan kementrian Agama dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta. Sejak awal pandemic indosat sudah menjelaskan bahwa pihaknya berinisiatif memberikan program yang membantu proses pendidikan dari jarak jauh.

Di antara lain program peningkatan bandwidth 20% diberikan kepada 56 Universitas serta membuka akses ke lebih dari 200 Universitas Ternama di Indonesia.Indosat Ooredoo juga menyediakan layanan-layanan telekomunikasi seperti Paket IMClass yang bisa dimanfaatkan pelajar sebesar 30GB untuk kebutuhan belajar online dengan mengakses Ruangguru,Quipper,Sekolahmu dan Rumah belajar.

Selain itu Indosat juga menyediakan Paket Pro Freedom Apps untuk partisipasi dalam kelas online gratis saat pelanggan mengakses cisco webex,zoom dan Microsoft Teams. Namun sayangnya indosat tidak menjelaskan besaran kuota data gratis untuk pelanggannya. Cara mendapatkan kuota gratis tersebut dengan mengaktifkan Kartu Indosat lalu Verifikasi dan mendaftarkan kartu indosat melalui pendataan sekolah atau universitas.

3.  Telkomsel

Dalam menghadapi pandemic Covid-19 ini telkomsel menghadirkan paket data murah yang dikhususkan untuk kalangan mahasiswa. Paket khusus untuk ini juga dialamatkan bagi untuk dosen, tenaga pendidik dan karyawan perguruan tinggi. Telkomsel Sudah bekerjasama dengan kemendikbud menghadirkan paket kuota internet 50 GB dengan harga murah mulai 40ribuan.

Cara mendapatkan kuota 50Gb tadi dengan mengaktivasi paket ini bisa lewat MyTelkomsel atau mengetik di smartphone *168#. Tetapi tidak semua orang bisa memakai paket data tersebut karena pihak telkomsel akan memilah terlebih dahulu dengan melihat daftar nomor yang sudah terdaftar di whitelist.

Selain itu telkomsel juga menawarkan kuota belajar 10 GB Rp 10. Paket murah ini untuk mengakses ilmupedia dan conference seperti Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolahmu, Cakep, Bahaso,Cambridge,Ayo Belajar, Zoom,  CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet, Google Classroom dan ratusan e-learning kampus atau sekolah. Paket kuota belajar ini bisa dinikmati dari 21 Agustus-31 Desember 2020. Dan dapat diakses dengan cara *363*844# atau melalui aplikasi MyTelkomsel.

4.  XL-Axiata

Sama dengan Telkomsel, Tri dan Indosat, XL juga mendukung pembelajaran jarak jauh dengan membagikan 30 GB Kuota gratis. 30 GB Kuota Gratis ini dibagi menjadi 2 paket yaitu 15 GB untuk kuota conference seperti Microsoft Teams,Zoom,Goggle Meet,Google Hangout serta Google Classroom. Dan sisa 15GB lagu digunakan untuk aplikasi bahan pendukung pelajaran. Kuota XL ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan rumah belajar kemendikbud. Pastikan Kartu XL anda sudah terverifikasi dan sudah Terdaftar Di pendataan sekolah atau Universitas.

Exit mobile version