Cara Mendapatkan Tanaman Janda Bolong Yang Sedang Viral

Foto : jurnalgaya.pikiran-rakyat.com

Sedang viral tanaman hias yang mempunyai ciri khas berupa lubang pada daunnya. Tanaman hias ini banyak menarik perhatian karena ciri khasnya. Tanaman Janda bolong ini dijual dipasaran mulai puluhan ribu bahkan hingga jutaan tergantung jenisnya. Seiring dengan viralnya tanaman ini harganya pun semakin melambung tinggi.

Penjual tanaman hias Janda bolong pun ikut diuntungkan dalam hal ini, Walaupun dulu tanaman hias ini tidak terlalu terkenal tapi sekarang bisa mencapai ratusan juta. Cerita dari salah satu penjual tanaman hias janda bolong asal karanganyar bahwa minat pasar tanaman hias mengalami penurunan. Bahkan penjualnya lama kelamaan pun meninggalkan profesi ini.

Hingga akhirnya selama pandemic covid 19 ini tanaman janda bolong pun menjadi viral. Beberapa bulan ini mulai ada peningkatan minat pasar terhadap  tanaman janda bolong, mungkin itu karena dampak dari masa pandemi yang menyebabkan masyarakat hanya berdiam diri dirumah dan merawat tanaman hias ini menjadi salah satu cara untuk mengisi kegiatan di rumah.

Tanaman hias janda bolong ini mempunyai dua jenis yakni janda bolong biasa dan variegata. Perbedaannya janda bolong biasa memiliki ciri khas warna atau corak pada daun didominasi hijau. Sedangkan untuk janda bolong variegata mempunyai ciri khas ada corak warna hijau,putih dan kuning. Walaupun begitu dalam hal ini keduanya tetap menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Jika dilihat sekarang, harga jualnya di pasaran juga berbeda.Harga janda bolong biasa berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung lebar daun, jumlah daun dan besar atau kecilnya tanaman. Sedangkan janda bolong variegata bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta.  Penjual tanaman hias pun semakin bermunculan karena meningkatnya permintaan pasar akan tanaman untuk mengisi waktu dirumah dengan merawat tanaman hias.

Cara mendapatkan tanaman janda bolong bisa dengan cara membeli bibitnya lalu menumbuhkannya sendiri dirumah. Cara menumbuhkannya membutuhkan penyangga baik dari kayu atau besi agar tanaman bisa tegak karena tanaman janda bolong ini memiliki kecenderungan seperti sulur untuk memanjat. Jenis tanaman janda bolong ini biasanya ditemukan di alam liar merambat pada pohon yang berdampingan.

Setelah tahu cara mendapatkannya, anda juga harus mengetahui tips merawat tanaman janda bolong ini yaitu bisa menggunakan sabun insektisida. Sabun insektisida ini merupakan larutan yang tidak beracun terbaik untuk mengatasi hama pada tanaman hias. Walaupun tanaman janda bolong tidak memiliki penyakit atau masalah hama yang serius tetapi kebanyakan tanaman hias memiliki “musuh”. Dan musuh dari tanaman janda bolong ini adalah kutu daun, kutu putih, thrips,sisik ,tunggu atau laba-laba.

Dilihat dari kebutuhan cahayanya, tanaman janda bolong ini tumbuh paling baik dibawah sinar matahari tidak langsung. Jadi, tips untuk merawatnya hindarilah sinar matahari secara langsung dengan membatasi paparan hanya dua atau tiga jam sinar matahari pagi. Jenis tanah yang dibutuhkan pun adalah tanah berbasis gambut dalam pot yang memiliki lubang drainase yang besar. Tanah gambut ini akan membantu menahan kelembaban di dalam tanah serta tidak membuatnya tergenang air.

Tips terakhir dalam merawat tanaman hias janda bolong, sebelum menyiramnya masukkan jari ke dalam tanah untuk melihat seberapa basah atau keringnya tanah tersebut. Dan jika tanah hampir kering maka siramlah, jangan biarkan tanah mengering seluruhnya. Jaga kelembaban air supaya tidak terlalu kering atau tidak terlalu lembab juga. Karena terlalu kering juga membuat tanaman janda bolong mudah mati

 

Exit mobile version