Cara Menghemat Baterai Smartphone Lebih Mudah

Cara Menghemat Baterai Smartphone

(Gambar: Line Today)

Penggunaan smartphone dengan kapasitas baterai besar semakin diminati karena beri durasi lebih lama. Terdapat cara menghemat baterai smartphone yang mana bisa digunakan untuk menghindari berbagai macam kendala pada penggunaan baterai.

Terkadang kondisi baterai mengalami penurunan karena beberapa faktor. Akan tetapi, pada dasarnya ada metode tepat untuk bisa menghemat baterai ponsel pintar yang saat ini mampu memberi hasil terbaik dan memperpanjang durasi ponsel tetap hidup.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Anda

Karena bagian baterai dirasa penting dan untuk harga jual di pasaran juga cukup tinggi alangkah baiknya penggunaan baterai lebih berhati-hati. Untuk itu ada beberapa metode tepat dalam upaya menghemat baterai yang dilansir dari media Kompas.com untuk para pengguna smartphone.

Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar

Menjadi modal pertama untuk bisa menghemat penggunaan baterai dengan cara mengurangi tingkat kecerahan layar ponsel Anda. Caranya cukup mudah dimana masuk ke bagian menu kemudian cek opsi tampilan ataupun layar dan turunkan kecerahan layar. Tingkat kecerahan layar cukup terang membuat penggunaan baterai ponsel kurang semakin boros. Maka dari itu gunakan cara pertama ini untuk menghemat baterai.

Hapus Aplikasi yang Buat Boros Baterai

Selanjutnya ada metode tepat untuk bisa menghemat baterai ponsel pintar salah satunya dengan menghapus aplikasi yang membuat boros baterai. Rata-rata aplikasi yang butuh koneksi internet kemudian dari ukuran filenya cukup besar membuat penggunaan baterai lebih boros.

Hilangkan Aplikasi yang Berjalan di Background

Meskipun dinilai sepele, tetapi menjalankan aplikasi di background juga menjadi penyebab baterai cepat habis. Untuk itu, cara menghemat baterai smartphone cukup mudah dengan melihat potensi dari menghilangkan daftar aplikasi yang berjalan di background. Cek secara berkala untuk menghindari konsumsi baterai terlalu besar.

Perbarui Sistem Operasi Smartphone

Cukup penting dan harus dilakukan pengguna smartphone yang mana sistem operasi harus mendapat update. Bahkan ada beberapa fitur terbaru di dalam OS yang sudah diupdate terutama pada penggunaan baterai yang harus diupgrade. Biasanya ada beberapa notifikasi untuk update OS yang berujung pada penggunaan fitur terbaru yang saat ini bisa dikembangkan secara luas untuk komponen baterai lebih awet.

Matikan Notifikasi Pada Ponsel

Notifikasi baik itu dari media sosial hingga email sebaiknya dimatikan untuk menghemat konsumsi daya baterai. Dari sinilah daftar notifikasi yang tidak perlu bisa dihilangkan menggunakan cara manual untuk mengecek semua notifikasi di email maupun media sosial.

Install Aplikasi Smartphone Bebas Iklan

Mungkin Anda masih sering menggunakan aplikasi smartphone yang memiliki iklan di dalamnya. Namun, pada dasarnya penggunaan aplikasi smartphone bebas iklan justru bisa menghemat penggunaan baterai. Tidak heran bila saat ini pengguna smartphone banyak menginstal aplikasi seperti game ataupun media sosial yang masih terdapat iklan di dalamnya. Sehingga kebiasaan ini harus dikurangi untuk menghemat baterai.

Mematikan Fitur WiFi

Seringnya pengguna smartphone menggunakan WiFi justru membuat konsumsi daya baterai cepat habis. Karena itu, untuk bisa menghemat baterai cobalah matikan WiFi dan beralih ke penggunaan data seluler. Cara ini terbilang efektif, karena kebiasaan menyalakan koneksi WiFi justru bisa memberi efek buruk pada penggunaan baterai ponsel.

Beberapa metode tepat untuk bisa menghemat baterai smartphone tentu harus dicermati kembali. Kebiasaan menginstall aplikasi berukuran besar namun tidak efektif harus diganti, kemudian jangan mengisi baterai pada kondisi menyala bahkan sedangkan digunakan untuk bermain game. Panjang tidaknya usia dari baterai tergantung pada penggunaan smartphone baik itu di sisi pengembangan hardware maupun software.

Exit mobile version