Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah dan Aman

Cara Menurunkan Berat Badan

©Pixabay

Cara menurunkan berat badan merupakan salah satu upaya bagi yang merasa memiliki bobot tubuh tidak ideal. Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal membutuhkan proses dan usaha yang konsisten. Apalagi jika jumlah bobot yang harus dikurangi cukup banyak, anda harus sabar dan konsisten supaya target yang ingin dicapai dapat terwujud.

Dilansir dari CNN Indonesia, seorang ahli gizi klinis bernama Tara Coleman mengatakan, “Kadang orang berfikir untuk membuat perubahan, baik berat badan atau kesehatan, yang dipenuhi pengalaman emosional. Akibatnya, orang mencari jalan pintas, diet kilat dan malah berat badan membengkak.”

Lalu, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat menurunkan berat badan dengan cara yang tepat? Berikut ini adalah ulasannya!

Makan secara teratur

Banyak orang yang salah kira jika ingin menurunkan berat badan harus dengan mengurangi porsi makan. Tetapi cara itu salah, yang ada hanyalah menimbulkan penyakit, terutama bagi penderita maag.

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang secara teratur. Jangan pernah mengurangi asupan makanan dalam jumlah besar karena tubuh tidak akan siap ketika mendapatkan asupan kalori yang sedikit secara tiba-tiba.

Disarankan untuk makan dengan porsi sedikit tetapi dalam intensitas yang sering. Biasakan untuk tidak makan 3 kali sehari dalam porsi besar dengan makan 6 kali dalam porsi kecil. Karena hal ini akan menekan rasa lapar anda dan menghindari untuk nyemil yang tidak perlu.

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Jika ingin menurunkan berat badan dengan olahraga yang bisa anda lakukan adalah dengan latihan HIIT. Olahraga HIIT merupakan pelatihan interval intensitas tinggi yang menjadi dasar dari sebagian besar kelas olahraga.

Anda cukup berjalan dan setiap tiga menit anda berlari sebentar, kemudian berjalan lagi selama tiga menit untuk mengatur nafas. Lakukan selama 20-50 menit dengan berulang kali. HIIT tidak hanya untuk membakar lemak dan kalori, melainkan juga membuat metabolisme tubuh kembali pulih.

Minum Air Putih yang Cukup

Banyak cara yang dapat dilakukan dengan mudah jika ingin menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya. Air putih dapat menjadi detoks yang membantu membersihkan tubuh dari kandungan yang tidak diperlukan.

Istirahat yang Cukup

Banyak orang yang terlalu fokus dengan olahraga dan makanan yang mereka konsumsi ketika diet tetapi melewatkan waktu istirahat. Padahal jika anda memenuhi kebutuhan tidur setiap hari akan membantu proses penurunan berat badan. Hindari begadang selama proses penurunan berat badan karena dapat menurunkan proses metabolisme.

Pilih Makanan yang Tepat

Jika sedang menjalani proses diet, makanan untuk menurunkan berat badan yang dianjurkan adalah mengandung protein dan serat. Protein akan membantu tubuh dalam membakar lemak dan menjadi sumber tenaga. Protein yang dianjurkan seperti putih telur, daging dada ayam tanpa kulit, makanan laut, dan kacang-kacangan.

Hindari stres

Ketika stres anda akan mengkonsumsi makanan lebih banyak dan menurunkan semangat untuk beraktivitas. Stres juga dapat memicu hormon kortisol yang menyebabkan tubuh sulit membakar lemak. Oleh sebab itu, ketika dirasa sudah lelah segeralah beristirahat atau sekedar me time untuk menyegarkan pikiran.

Demikian informasi mengenai langkah-langkah menurunkan berat badan yang bisa anda lakukan. Melakukan program diet memang harus sabar dan konsisten supaya hasilnya juga maksimal. Dengan begitu, sangat rendah kemungkinan untuk berat badan naik kembali seperti semula.

Exit mobile version