Cepat dan Mudah! 4 Cara Mematikan Update Otomatis Windows

Foto : imujio.com

Update otomatis merupakan hal yang pasti ditemukan oleh para pengguna windows. Tak jarang banyak yang menganggap bahwa update otomatis windows sangat mengganggu. Update otomatis Windows perlu dimatikan agar bisa menghemat kuota internet yang sedang aktif. Hal ini disebabkan pada setiap update windows akan membutuhkan banyak kapasitas memori penyimpanan yang tentunya diimbangi dengan jumlah kuota tergolong besar pula.

Para pengguna windows dapat mematikan update otomatis dengan cara yang tidak terlalu rumit. Berikut adalah cara mematikan update otomatis windows secara mudah.

Membatasi Akses Internet

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mematikan update otomatis pada windows adalah dengan membatasi koneksi internet. Pengguna windows bisa melakukan setting terkait izin koneksi internet. Pembatasan koneksi ini berguna agar windows tidak menginstal aplikasi atau bentuk update secara otomatis.

Pembatasan koneksi internet ini juga perlu dilakukan agar kuota tidak terbuang dengan sia-sia. Internet yang biasanya dialokasikan untuk update windows otomatis bisa dialokasikan untuk kepentingan lain. Update windows otomatis sering kali tidak memberikan upgrade atau pembaharuan yang begitu penting, sehingga tidak masalah jika dilewatkan.

Mematikan Melalui Windows Update Startup Service

Menu update startup Service bisa ditemukan dengan mencarinya pada kolom search bar pada windows 10. Cari menu Service lalu selanjutnya pilih run as administrator dan setelah terbuka Anda bisa men scroll ke bawah sampai menemukan menu Windows update.  Seratnya cari pilihan menu start up service lalu pilih disable Untuk menghentikan update windows otomatis.

Cara mematikan windows update secara otomatis pada menu startup Service ini tergolong cukup mudah. Pengguna yang belum terbiasa mematikan update windows secara otomatis perlu lebih teliti untuk bisa menemukan menu hingga windows update bisa disable. Cara ini juga cukup bisa mengimbangi pembatasan akses kuota, sehingga update windows tidak perlu dikhawatirkan.

Hentikan Sementara Update Otomatis

Pada umumnya setiap kali akan ada update windows akan ada pemberitahuan di device. Namun, apabila update sudah berjalan secara otomatis, Anda bisa jadi kecolongan dan menemukan bahwa Windows sudah berubah mempunyai tampilan terbaru. Cara yang bisa dilakukan dalam hal ini Anda bisa menghentikan update otomatis pada windows melalui menu setting.

Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah membuka menu setting. Selanjutnya pilih update and security untuk bisa menemukan pengaturan tentang pembaharuan otomatis pada windows. Cari pilihan menu pause windows update dan klik on agar penghentian update otomatis windows bisa langsung dihentikan.

Cegah Update Untuk Diinstal

Langkah terakhir yang perlu dilakukan agar windows update otomatis benar-benar bisa dimatikan adalah tidak langsung menginstal hasil update. Biasanya apabila windows update otomatis sudah aktif, maka device akan langsung menjalankan pembaruan perangkat lunak. Namun, akan ada pula hasil update yang bisa langsung diinstal atau ditunda.

Agar windows update dapat dihentikan, sebaiknya jangan langsung instal hasil update sebelumnya. Sebab hal ini akan memerlukan waktu yang lama, sebab hasil update jumlahnya juga tidak sedikit. Penundaan penginstalan aplikasi hasil update juga ditujukan agar kapasitas penyimpanan pada device tidak habis akibat penginstalan. Pencegahan instal ini bisa dipilih berdasarkan penting tidaknya aplikasi tersebut bagi pengguna device.

Exit mobile version