Contoh Sumpah Pemuda dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Sumpah Pemuda

Foto : nyataberjuang.org

Momen Sumpah Pemuda yang selalu dikenang pada tanggal 28 Oktober merupakan titik awal sejarah pergerakan bangsa Indonesia. Meskipun hanya dikenang satu kali saja dalam setahun, momen ini tetap harus dimaknai sebaik mungkin oleh seluruh bangsa Indonesia, khususnya para pemuda. Dalam memaknai Sumpah Pemuda, harus dibuktikan juga dari perilaku dan aktivitas yang dilakukan. 

Cara memaknai Sumpah Pemuda tidak harus dilakukan dengan perang melawan negara lain, tetapi cukup dilakukan dengan hal-hal sederhana saja. Apabila masih bingung apa saja contoh penerapan Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari, simak ulasan berikut ini.

1. Ikut Melestarikan Bahasa Indonesia

Cara paling mudah dalam melestarikan bahasa Indonesia adalah dengan menggunakannya pada percakapan sehari-hari. Menggunakan bahasa Indonesia bukan berarti mengesampingkan bahasa daerah atau bahkan melupakannya. Namun, penerapannya bisa juga dengan wajib mengetahui bagaimana bahasa Indonesia yang baik dan benar tersebut. Jangan sampai justru menyepelekan bahasa sendiri dan tidak mau mempelajarinya.

2. Menjunjung Tinggi Nilai Persatuan

Dari momen Sumpah Pemuda, sangat terlihat bahwa kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia merupakan hal penting yang wajib diperhatikan. Hal ini sudah dibuktikan bahwa dulu ketika perjuangan sifatnya kedaerahan, tidak ada kemenangan yang diperoleh. Berbeda saat seluruh bangsa Indonesia bersatu, maka kemerdekaan bisa diraih. Dari contoh tersebut terbukti bahwa persatuan menjadi pilar penting dalam suatu negara.

3. Mempelajari Banyak Budaya Indonesia

Jika tidak mungkin untuk mempelajari seluruh budaya Indonesia, setidaknya sebagai bentuk bukti menerapkan Sumpah Pemuda, setiap orang bisa mempelajari budaya-budaya negara ini. Contoh paling dekat adalah dengan mempelajari budaya di tempat tinggal dan mengikuti semua peraturan yang ada di dalamnya. Dengan begitu, rasa saling menghargai pasti akan lebih mudah tumbuh dan semakin meningkatkan keeratan persatuan. 

4. Gigih dalam Belajar

Cara paling mudah seorang pelajar untuk berkontribusi terhadap bangsa Indonesia adalah dengan belajar gigih. Selama ini, banyak kasus pelajar nakal yang menyia-nyiakan masa mudanya atau justru menjadikan masa sekolah hanya sebagai permainan saja. Hal tersebut tentunya hanya akan merugikan diri sendiri. Selain itu, belajar tidak hanya dilakukan di dalam sekolah, tetapi juga bisa dilakukan ketika berinteraksi dengan orang lain. 

5. Menghormati Setiap Perbedaan

Contoh Sumpah Pemuda salah satunya adalah mau menghargai dan menghormati setiap perbedaan yang terdapat di antara masing-masing individu. Pelajaran penting dari momen ini adalah setiap bangsa Indonesia yang baik harus mengutamakan kepentingan golongan di atas kepentingan pribadi. Misalnya saja ketika terjadi perbedaan pendapat di dalam kelas, tidak boleh langsung menyalahkan teman lainnya, tetapi dianalisis permasalahannya lalu mencari solusi bersama-sama.

6. Saling Menyayangi Antar Teman

Di dalam momen Sumpah Pemuda, seluruh putra-putri Indonesia berkumpul dan bertekad untuk bersatu. Mereka tidak memperdulikan suku ataupun daerah mana tempat asalnya karena selama satu bangsa Indonesia, harus saling menghormati perbedaan dan menyayangi. Perwujudan rasa kasih sayang bisa dilakukan dengan saling membantu teman yang kesulitan atau hanya sekedar menjalin kebersamaan.

7. Mencintai Produk Indonesia

Contoh dari penerapan Sumpah Pemuda yang terakhir adalah setiap orang wajib mencintai segala produk dalam negeri. Sejak globalisasi masuk, semua produk lintas negara sangat mudah untuk didapatkan, sehingga menyampingkan produk-produk dalam negeri. Padahal jika berbicara masalah kualitas, produk dalam negeri tidak kalah bagus, bahkan harga jualnya juga murah. Untuk itu mulai menggunakan produk-produk lokal sangat perlu untuk dilestarikan.

Nah, itulah beberapa contoh dari penerapan Sumpah Pemuda yang harus dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Semoga di momen perjuangan ini, semakin banyak pemuda pemudi yang paham betapa persatuan dan mencintai negara Indonesia adalah hal penting yang harus selalu dilakukan.

 

Exit mobile version