CPNS 2021 Bulan Berapakah Akan Diadakan?

Foto : mediakaltara.com

Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) kabarnya akan diadakan pada tahun 2021. Hal ini tentu akan menjadi angin segar bagi para pegawai non ASN yang berharap kehadiran kabar terkait pendaftaran CPNS 2021. Meski hingga saat ini belum bisa ditentukan jadwal resmi mengenai seleksi CPNS 2021 , tetapi setidaknya anda sudah mendapatkan informasi terkait tahun kehadirannya.

Tentu menjadi sebuah pertanyaan, CPNS 2021 bulan berapa diadakannya? Nah, sambil menunggu kapan kepastian jadwal tes CPNS, ada baiknya anda mempersiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan mulai dari  sekarang, anda bisa banyak berlatih menjawab soal dan mencoba serangkaian tes simulasi sehingga saat tiba pembukaan CPNS 2021, anda sudah lebih siap.

Adapun beberapa persyaratan yang perlu anda perhatikan untuk mengikuti pendaftaran tes CPNS adalah sebagai berikut:

  1. Anda merupakan warga negara sipil (WNI) yang ditunjukkan dengan Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang anda miliki. Jika anda pernah kehilangan sebelumnya dan belum mengurus kepemilikannya lagi, maka sekarang saatnya anda mengurusnya kembali agar segera memiliki kartu identitas baru.
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat anda akan mendaftar. Ketentuan ini tergantung dengan instansi yang akan dituju.
  3. Pastikan anda bukan atau tidak pernah memiliki catatan pidana dan atau tidak terlibat dalam tindak pidana jenis apapun  yang membuat anda dihukum atau dipenjara.
  4. Jika anda bukan PNS atau jajaran aparatur negara seperti TNI/POLRI, maka diperbolehkan untuk mendaftar CPNS. Namun jika anda diantaranya, maka hal ini dilarang.
  5. Jika anda sudah bekerja sebelumnya, anda tidak pernah di PHK atau (pemberhentian Hubungan Kerja) oleh atasan atau atas keinginan sendiri atau secara tidak hormat sebagai ASN atau PNS, TNI, POLRI atau Pegawai Swasta.
  6. Anda bukan bagian dari anggota atau bahkan pengurus partai politik
  7. Anda memiliki kualifikasi dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan formasi yang anda pilih
  8. Pastikan anda sedang dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani
  9. Hal penting selanjutnya adalah anda siap ditempatkan di wilayah manapun tanpa memperhatikan daerah asal anda. Karena pegawai negeri sipil dibutuhkan di seluruh wilayah Indonesia
  10. Persyaratan lainnya disesuaikan dengan formasi yang dibutuhkan.

Jika anda sudah memenuhi dan siap dengan semua persyaratan yang disebutkan diatas, maka selanjutnya anda perlu mempersiapkan berbagai berkas yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi CPNS 2021. Adapun persyaratan yang dibutuhkan sebagai berikut:

Setelah semua persyaratan diatas terpenuhi, selanjutnya print berkas tersebut lalu lakukan scanning pada setiap berkas yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar anda bisa mengirimnya secara online dengan mengunggahnya di akun anda yang terdaftar di website SSCASN. 

Pastikan sebelumnya anda telah mendaftar di website SSCASN untuk kemudian anda baru bisa mengunggah berkas pendaftaran anda. Jangan lupa untuk menyiapkan hard file nya juga agar anda bisa langsung memberikan kepada instansi yang anda tuju saat dibutuhkan. Meski hal ini tidak selalu dibutuhkan di setiap instansi, namun bukankah lebih baik jika anda telah mempersiapkannya sejak dini?    

 

Exit mobile version