CPNS 2021: Catat Kapan Dibuka Pendaftaran Beserta Jadwalnya

cpns 2021 kapan buka

Foto : siedoo.com

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berencana akan membuka dan mengumumkan detail formasi final Calon Pegawai Negeri Sipil Negara (CPNS) 2021 pada bulan April ini. Semua pihak aparatur pemerintah masih menyiapkan dan pihak instansi pun masih harus menunggu pertimbangan teknis.

Pertimbangan ini mengenai tentang alokasi anggaran dan jadwal pelaksanaan dari menteri keuangan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Diharapkan dari pihak Kementerian PAN-RB dapat menyelesaikan perhitungan dan proses verifikasi serta validasi formasi CPNS 2021 pada bulan Februari ini. Sehingga Pengumuman CPNS 2021 dapat mengikuti jadwal sesuai aturan kira-kira bulan April-Mei.

Dilansir dari Merdeka (06/02), Plt Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko menjelaskan bahwa pihaknya masih terus menghitung formasi final CPNS 2021 sekaligus usulan pemerintah daerah (pemda) yaitu alokasi untuk guru berstatus Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak satu juta. Selain itu, Pihak Kementerian PAN-RB masih menunggu instansi yang mengusulkan PPPK Guru tersebut.

Belum ada informasi lebih lanjut tentang instansi mana yang paling banyak mengajukan formasi CPNS 2021 karena masih proses validasi dan perhitungan pembagiannya sesuai dengan kebutuhan sebenarnya. Pihak pemerintah atau masyarakat juga berharap pendaftaran CPNS 2021 ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Selanjutnya, Tjahjo Kumolo selaku Pihak menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam rapat kerja bersama bersama Komisi II DPR RI mengatakan pemerintah sudah sepakat dalam mengurangi perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dilihat dari lingkungan Kementerian PAN-RB pun untuk tahun ini tidak banyak melakukan rekrutan baru untuk penyelenggaraan CPNS 2021 ini.

Tetapi jika ditemukan ada kementerian atau lembaga terkait yang banyak PNS dan sudah memasuki masa pensiun, tidak akan langsung dilakukan rekrutmen baru karena penyelenggaraan rekrutmen baru kali ini tidak dihitung berdasarkan jumlah pensiunan PNS. Misalkan tahun ini yang pensiun 100, menerimanya tidak harus 100, mungkin bisa 25-50 dengan berbagai inovasi-inovasi baru.

Persiapan pemerintah saat ini untuk penyelenggaraan CPNS 2021 masih menghitung berapa jumlah kebutuhan agar sesuai dengan sebenarnya. Hitung-hitungan yang dilakukan masih bersifat dinamis yakni 1,6 juta dikhususkan untuk tenaga administrasi. Sementara itu dari kementerian Kemendikbud dan Mendagri termasuk ada tenaga guru beserta tambahan untuk dokter, perawat, bidan dan juga tenaga penyuluh sebanyak satu juta.

Itulah informasi seputar dibuka kembali CPNS 2021, jangan lupa catat kapan buka pendaftaran beserta jadwalnya. Jika Anda ingin mendaftar, perhatikan cara berikut ini untuk mendaftar CPNS 2021 yang benar dan tahapannya :

Exit mobile version