Info Menarik dari Fakta uang 75 ribu yang Sulit Dipalsukan

uang 75 ribu rupiah

Gambar : Irfan.id

Dalam momen khusus HUT RI ke-75, Bank Indonesia mengeluarkan pecahan uang baru RP. 75.000,00. Mendengar informasi tersebut cukup membuat masyarakat Indonesia merasa berempati sehingga ingin mengetahui apa filosofi dibalik munculnya nominal uang rupiah tersebut.

Tak heran sebagian dari WNI juga tertarik untuk memilikinya sehingga mencari tahu cara pemesanannya, kini beberapa merketplace memperjualbelikannya dengan harga cukup mahal sehingga masyarakat semakin mempertanyakan info menarik dari fakta uang 75 ribu tersebut.

Masyarakat umum bisa melakukan pemesanan pecahan uang 75 ribu mulai hari Senin (17/8/2020) pukul 15.00 WIB, saat ini batas pemesanan sudah dihentikan karena jumlah yang diedarkan sudah habis dipesan sampai tanggal 3 September nanti, dilansir via Kompas.

Masih bertanya-tanya, apa yang menjadi info menarik dari sekumpulan fakta uang 75 ribu? Mari ketahui informasinya di bawah ini.

1. Filosofi Uang 75 Ribu

Dari situs resmi Bank Indonesia menjelaskan bahwa penerbitan uang 75 ribu dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus berbagi kebahagiaan kepada seluruh rakyat Indonesia yang disebut sebagai uang Peringatan Kemerdekaan RI ke-75.

Filosofi yang tercerminkan dari tema uang kertas tersebut hadir untuk memperteguh kebhinekaan dari semua suku yang ada di Indonesia dan menyongsong masa depan Indonesia yang lebih maju.

2. Terdapat Foto Sang Proklamator

Berikutnya, fakta menarik yang dimiliki uang 75 ribu yaitu adanya foto sang proklamator Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Selain itu, terdapat pula gambar saat berlangsungnya Pengibaran Bendera Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.

Foto tersebut akan terus mengingatkan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam mencapai Kemerdekaan.

3.  Mengenalkan Pakaian Adat Berbagai Daerah

Tema dari uang kertas 75 ribu didominasi oleh gambar anak-anak menggunakan pakaian adat dari wilayah timur, tengah, dan barat NKRI. Terlihat adanya motif baju adat songket dari Sumatera Selatan, motif tenun dari Bali, dan batik kawung dari Jawa.

Keseluruhan baju adat yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia menggambarkan adanya nilai kebaikan, kesucian, dan anggunan saat dikenakan.

4.  Tidak Berkaitan dengan Redenominasi

Ketahuilah bahwa, “Penerbitan edisi uang khusus untuk peringatan Kemerdekaan ke-75 dicetak lebih besar dibandingkan angka nol yang tidak berkaitan dengan redenominasi,” ucap Onny Widjanarko, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, dilansir dari Kompas.

Redenominasi merupakan bentuk penyederhanaan nominal nilai mata uang yang diubah menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya.

5.  Sulit Dipalsukan

Info menarik dari fakta uang Rp. 75.000,00 yaitu dibuat dari teknologi canggih dengan kertas yang berkualitas tinggi sehingga dapat bertahan lama dan sulit untuk dipalsukan.

Ciri-ciri dari uang 75 ribu asli yaitu uangnya diraba agak kasar, gambarnya mudah diterawang meskipun di tempat yang minim cahaya, hasil cetaknya memiliki warna yang jelas untuk logo dan nominal. Selain itu, terdapat intaloogo berupa tanda kasar di bagian frasa dan logo lambang burung Garuda.

Cara Mendapatkan Uang Rp. 75.000,00

Jika tertarik untuk memiliki uang 75 ribu maka bisa melakukan pemesanan melalui website Bank Indonesia. Gelombang pemesanannya dibagi menjadi dua yaitu tanggal 17 Agustus-30 September 2020 dan 1 Oktober 2020 sampai selesai.

Syarat yang harus dipenuhi untuk menukarkan uang 75 ribuan yaitu memiliki EKTP, dilakukan di bank umum terdekat mulai bulan Oktober sesuai dengan jadwal di lokasi yang sudah ditentukan dengan membawa bukti pemesanan.

Setelah mengetahui fakta uang 75 ribu dan info cara mendapatkannya yang dilansir dari Kompas membuat Anda tertarik untuk memilikinya? Sebaiknya perhatikan ciri-ciri uangnya yang asli karena sekarang ini semakin banyak orang yang memperjualbelikannya melalui marketplace dengan harga sangat tinggi.

Exit mobile version