Informasi Terbaru CPNS Dokter 2021 Beserta Persiapannya

Foto : ngovee.com

Pada tahun 2020 ini, tes CPNS ditiadakan akibat wabah Covid-19 yang menyerang Indonesia. Disisi lain CPNS 2019 Sudah berjalan dengan lancar. Setiap tahun Seleksi ini memang berjalan sangat ketat. Jenis tes yang digunakan dalam CPNS seperti Tes Wawasan Kewarganegaraan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.

Sebelum itu Seleksi CPNS ini dibagi menjadi 2 yaitu Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. Peserta yang mendaftar tes cpns harus bisa mendapatkan nilai diatas passing grade yang sudah ditentukan. Sejumlah peserta tes awal yaitu SKD PNS akan dinyatakan gugur apabila tidak bisa lolos passing grade yang sudah ditetapkan.

Sehingga dari seluruh peserta yang berhasil lolos Passing Grade SKD CPNS tidak semuanya akan lanjut ke seleksi berikutnya yaitu SKB. Hanya beberapa yang akan mendapatkan nilai passing grade tertinggi. Salah satunya adalah dokter dari Aceh Singkil yang memiliki nilai tertinggi dengan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 125, Tes Intelegensi (TIU) 135, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP ) 156.

Dokter dari Aceh Singkil tersebut bernama Noni Gusmawan yang berhasil memenuhi passing grade dalam ujian CPNS 2019 Aceh Singkil dengan meraih nilai 416. Walaupun masih berstatus tenaga honorer, Dr Noni menyiapkan persiapannya secara baik selama CPNS 2019 berlangsung. Ada beberapa tips untuk menghadapi CPNS Dokter 2021, yaitu :

Tips ini sangat wajib dicoba. Dengan melihat dan membaca soal-soal tahun sebelumnya kita akan memiliki gambaran untuk ujian CPNS berikutnya. Selain itu, Bisa saja jika Tingkat Kesulitan soal soalnya tidak berbeda jauh dengan tahun berikutnya. Cara mencari soal soal ujian cpns dengan mudah dapat anda cari di internet.

Selain mempelajari soal-soal cpns tahun sebelumnya. Anda juga dapat membeli buku soal-soal ujian CPNS terbaru. Hal ini bisa digunakan untuk melatih dalam mengerjakan soal-soal dalam waktu cepat. Setelah mengerjakan dengan baik, Membaca kembali soal-soal tersebut  juga bisa dilakukan untuk mengingatnya. Semakin banyak membaca maka anda akan semakin mengingat soal dan jawaban yang ada.

Tips Satu ini bisa dipraktekkan saat anda sedang mengerjakan ujian. Biasakan untuk membaca soal terlebih dahulu kemudian mencari jawaban dengan membaca narasi soal yang sesuai. Teknik ini berlaku untuk tipe soal ujian berbentuk narasi panjang. Dengan melakukan teknik ini anda tidak perlu membaca soal narasi panjang berulang-ulang kali untuk menemukan jawabannya. Teknik ini digunakan untuk meminimalisir kehabisan waktu.

Tips ini dilakukan saat mengerjakan ujian CPNS. Tetap fokus ketika menjawab soal-soal ujian dengan menjawab secara berturut-turut dari soal pertama. Hal ini dilakukan  supaya anda tidak terlena dengan soal. 

Teknik ini juga membantu untuk mengatur waktu sesuai jumlah soal untuk menghindari kehabisan waktu saat menjawab soal. Karena jika mengulangi membaca kembali dari awal dikhawatirkan waktunya tidak akan cukup.

Keempat tips diatas bisa menjadi persiapan anda dalam menghadapi CPNS Dokter 2021. Tetap fokus dalam menghadapi tes ujian agar dapat menganalisa soal dan menjawabnya secara cepat dan tepat. Persiapan akan jauh lebih matang jika disiapkan jauh-jauh hari dan tidak terlalu mepet dengan hari tes CPNS yang sebenarnya. 

Exit mobile version