Ingin Kuliah diluar Negeri? Yuk Cek LPDP Universitas Luar Negeri 2020

Foto : blog.cicil.co.id

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bekerja dibawah pengawasan 3 kementerian Secara langsung yaitu Kemenkeu, Kemendikbud dan Kemenag. LPDP juga lembaga yang menyediakan program beasiswa untuk program magister atau S2 baik untuk dalam negeri maupun diluar negeri serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri.

Sebagai lembaga yang memberikan program beasiswa, tentu LPDP memiliki beberapa ketentuan umum dalam setiap program beasiswanya. Beasiswa regular salah satu program dari LPDP yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral.

Ketentuan umum sebelum mendaftar beasiswa reguler yaitu termasuk warga negara Indonesia (WNI) yang telah lulus sarjana atau terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program magister dan warga negara Indonesia (WNI) yang telah lulus magister atau magister terapan (S2) untuk lulusan sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang sudah memenuhi kualifikasi untuk program doctoral.

Khusus untuk program doktoral wajib membuktikan dengan LoA Unconditional. Setelah mengetahui apa saja ketentuan umum sebelum mendaftar beasiswa. Pastikan anda juga mengetahui skema program beasiswa dari LPDP. Program Reguler ini untuk jenjang pendidikan magister satu gelar dengan lama studi paling lama sekitar dua puluh empat bulan.

Sedangkan untuk jenjang doktoral satu gelar dengan lama studi paling lama empat puluh delapan bulan. Selanjutnya, program beasiswa reguler jenjang magister juga dapat memilih tiga perguruan tinggi yang berbeda. Dapat disesuaikan dengan tujuan dalam negeri atau luar negeri dengan program studi yang sama atau sejenis.

Pendaftar beasiswa yang telah lolos semua tahap seleksi dan sudah disahkan menjadi penerima Beasiswa LPDP, wajib menyerahkan satu Loa Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan maupun Program studi Tujuan. Perlu diingat bahwa program beasiswa reguler jenjang Doktoral hanya memilih satu perguruan tinggi dan program studi serta tidak dapat mengajukan perpindahan.

Setelah ditetapkan menjadi penerima beasiswa, maka akan mendapatkan beberapa komponen pembiayaan yaitu dana pendidikan selama berkuliah dan biaya pendukung atau biaya hidup ketika anda berkuliah baik didalam negeri atau di luar negeri. Berikut adalah beberapa nama Universitas di luar negeri yang bisa anda jadikan pilihan.

Sebelumnya LPDP Universitas Luar Negeri 2020 ini terbagi menjadi dua kategori yaitu Perguruan Tinggi Negeri untuk semua program studi : Brown University, California Institute of Technology (Caltech), Columbia University, Cornell University, Harvard University, Humboldt Universitat zu berlin, Johns Hopkins University Amerika serikat, Dartmouth University, dan ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology Swiss

Selain itu ada juga RWTH Aachen Jerman stanford university, Technical University of munich Jerman, UCL University College London Inggris, Universitas Cambridge, University of Chicago, University of Oxford, University of Pennsylvania , Yale University Amerika Serikat, KIT Karlsruhe Institute of Technology Jerman, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Princeton University Amerika serikat, dan Ruprecht Karls University Heidelberg  Jerman.

Kategori kedua adalah perguruan tinggi luar negeri untuk program studi tertentu. Seperti dalam Bidang Keagamaan ada Al Azhar University Mesir, Ankara University Turki, Sapienza University of Rome Italia dan University of al Qarawiyyin Maroko. Bidang Mineral and Mining : Colorado School of mines Amerika serikat, Curtin University Australia, McGill University Kanada, dan Pennsylvania State University.

Selain itu, LPDP juga menyediakan jenis program beasiswa Targeted Group. Beasiswa ini berbeda dengan Beasiswa program reguler. Jenis Beasiswa Targeted Group ini terdiri dari beasiswa untuk PNS,TNI , POLRI dan Beasiswa Olimpiade Internasional.

 

Exit mobile version