Ini Dia Cara Memindahkan Chat ke Telegram Tanpa Aplikasi Ketiga

Cara Memindahkan Chat ke Telegram

Foto : eduinfo.co.id

Aplikasi chatting memiliki variasi yang lebih banyak. Masing-masing aplikasi chat memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan dan selera.

Karena banyaknya aplikasi chat, melakukan chatting dari satu aplikasi berganti ke aplikasi lainnya membuat pengguna menjadi kesulitan. Salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan adalah WhatsApp yang memberikan fitur ekspor chat ke aplikasi lain dengan mudah.

Chat dari aplikasi WhatsApp bisa dipindah ke aplikasi Telegram dengan cara yang cukup mudah. Anda bisa melanjutkan chat yang telah dipindah di Telegram seperti sebelumnya telah melakukan chatting di aplikasi tersebut.

Tanpa menggunakan aplikasi ketiga, Anda sudah bisa memindahkan chat dari WhatsApp ke Telegram dengan beberapa kali tekan dan proses yang menyesuaikan jumlah chat. Hanya butuh beberapa langkah sederhana, berikut adalah cara memindahkan chat ke Telegram.

  1. Buka aplikasi WhatsApp, lalu buka chat yang ingin dipindahkan.
  2. Klik menu ikon tiga titik pojok kanan atas, pilih menu “lihat kontak”. Setelah itu klik “lainnya”, kemudian klik “ekspor chat”.
  3. Muncul menu pilihan yaitu “tanpa media” dan “sertakan media” yang berarti Anda perlu memindahkan chat dengan media di dalamnya atau tidak, seperti foto, lagu dan video.
  4. Langkah berikutnya terdapat pilihan aplikasi yang dituju, pilih ikon Telegram.
  5. Maka Terbukalah aplikasi Telegram yang meminta Anda untuk memilih kontak tujuan pesan yang diekspor.
  6. Anda bisa menunggu beberapa saat selama proses ekspor chat hingga seluruh chat pilihan selesai dipindah ke Telegram.

Proses ekspor chat ke Telegram sesuai dengan ukuran banyaknya chat beserta medianya (jika ada). Tunggulah proses ekspor chat sambil melakukan kegiatan lainnya jika memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Ketahuilah bahwa ada beberapa fakta saat melakukan ekspor chat WhatsApp ke Telegram, yaitu sebagai berikut.

  1. Mengekspor chat dari satu kontak hanya bisa dilakukan secara satu per satu karena tidak bisa melakukannya sekaligus.
  2. Chat yang sudah bertahun-tahun lalu bisa diekspor, namun belum tentu chat lainnya bisa diekspor. Sehingga ini menjadi kendala tersendiri jika Anda memiliki chat penting untuk dipindahkan.
  3. Selain chat pribadi, Anda juga bisa memindahkan chat dari grup. Namun, buat terlebih dahulu grup baru di Telegram sebagai tujuan ekspor sebelum memindahkan chatnya.
  4. Chat yang dipindahkan di Telegram bisa dibaca oleh kontak maupun grup tujuan ekspor. Maka dari itu chat hasil ekspor bisa diteruskan di Telegram.

Langkah mengekspor chat dari satu aplikasi ke aplikasi lain ini menjadi fitur yang sangat memudahkan penggunanya tanpa perlu memulai percakapan sejak awal. Ditambah lagi bisa menyertakan media ke kontak atau grup pada aplikasi tujuan.

Cara memindahkan chat ke Telegram ini terbilang sangat mudah bahkan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa menghemat waktu dengan memindahkan chat dari satu kontak ke kontak lain di aplikasi yang berbeda. Sayangnya, terdapat kekurangan yang mungkin bisa menjadi kendala bagi Anda.

Anda tidak bisa memindahkan chat dari banyak kontak sekaligus ke Telegram, sehingga jika Anda ingin memindahkan seluruh chat dari aplikasi WhatsApp, Anda perlu melakukannya satu per satu. Pastikan Anda memiliki waktu yang luang untuk memindahkan chat satu demi satu dengan penuh kesabaran.

Meski fitur ini masih memiliki beberapa kekurangan atau belum sempurna, setidaknya Anda tidak perlu susah-susah lagi memulai percakapan baru di aplikasi yang berbeda. Media juga akan tersimpan di data aplikasi tujuan, jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk memindahkannya dari aplikasi file manager.

Exit mobile version