Ini Manfaat Lemon dan Cara Pakai Lemon Untuk Wajah

Foto : shethepeople.tv

Lemon adalah buah dengan berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah menjaga daya tahan tubuh dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, lemon juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, sehingga sering digunakan dalam produk kecantikan untuk perawatan kulit. Berikut ini manfaat lemon bagi kesehatan kulit.

1. Mencerahkan Kulit

Ekstrak jeruk lemon mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Juga, kandungan asam sitrat pada buah ini dapat digunakan sebagai pencerah kulit yang lebih aman dibanding produk campuran bahan kimia lain.

Lemon juga berlaku dalam mengatasi pigmentasi dan masalah diskolorasi kulit. Perannya dapat meratakan warna kulit pada wajah tanpa merubah keseimbangan nilai pH (keasaman).

2. Mengatasi Masalah Minyak

Buah lemon dapat digunakan dalam mengontrol minyak berlebih. Hal ini dikarenakan asam sitrat yang terkandung pada lemon dapat membantu mengecilkan pori-pori, sehingga dapat meminimalisir produksi minyak.

3. Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Jerawat dan komedo dapat teratasi oleh ekstrak lemon karena mengandung unsur polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, anti jamur dan antibakteri.

4. Memudarkan Bintik Hitam dan Mengangkat Sel Kulit Mati

Lemon berfungsi untuk menyamarkan noda hitam dan bekas luka yang menempel sejak lama dengan asam sitrat yang terkandung di dalamnya. Selain itu, lemon dapat mengangkat sel kulit mati yang bertumpuk dan mengakibatkan penyumbatan pori-pori sehingga dapat melancarkan pertumbuhan sel kulit baru.

Cara Pakai Lemon Untuk Wajah Dengan Aman

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa lemon berfungsi untuk mengobati jerawat. Bahkan, sering disebut lemon dapat mengiritasi dan memperparah kulit yang berjerawat. Nilai pH-nya pun cukup tinggi membuat lemon diragukan jika dapat digunakan untuk mengatasi kulit berjerawat.

Dilansir dari Hello Sehat (30/10), yang ditinjau oleh dr. Patricia Lukas Goentoro. Jika lemon digunakan secara langsung ke wajah, lalu wajah terkena paparan sinar UVA, maka akan terjadi kerusakan kulit. Lalu akan timbul reaksi berupa ruam dan iritasi kulit yang parah.

Oleh karena itu, penggunaan lemon harus dibarengi bahan lainnya sebelum diaplikasikan ke wajah. Apa saja bahan campuran agar lemon dapat digunakan untuk wajah tanpa efek samping? Berikut ini penjelasannya.

1. Lemon dan Madu

Penggunaan lemon dan madu dengan perbandingan jumlah yang sama dapat dioleskan ke wajah untuk mengurangi produksi minyak berlebihan. Menggunakan lemon dan madu secara teratur sebagai masker juga baik untuk wajah.

2. Lemon dan Putih Telur

Putih telur biasa dioleskan ke wajah untuk mengangkat komedo putih dan mengontrol produksi minyak berlebihan di wajah. Namun, Anda dapat mencoba mencampurkan putih telur dengan lemon untuk hasil yang lebih maksimal. Lemon dan putih telur dapat digunakan sebagai masker yang sifatnya aman bagi kulit wajah sensitif.

Cara membuat masker lemon dan putih telur adalah sebagai berikut.

3. Lemon, Susu dan Madu

Jika kulit Anda terasa kering, campuran dari lemon, susu dan madu dapat melembabkan kulit wajah Anda dan membuat wajah terasa segar. Caranya adalah mencampur dua sendok makan jus lemon, dua sendok makan susu bubuk, dan satu sendok makan madu. Lalu, campuran ini dioleskan pada wajah, didiamkan selama 10 menit atau hingga masker mengering.

Penggunaan lemon tidak diperkenankan untuk dioleskan secara langsung ke wajah, terlebih pada kulit yang sensitif. Jika memang memiliki masalah yang parah pada kulit, konsultasikan ke dokter dan hindari terlebih dahulu pemakaian lemon pada kulit wajah.

Exit mobile version