Inilah 5 Tips Kerja Nyaman Saat WFH yang Bisa Anda Praktikkan

5 Tips Kerja Nyaman WFH

(Gambar : Pixabay)

Adanya pandemi Covid-19 ini membawa banyak sekali perubahan bagi berbagai sektor. Tidak hanya berdampak pada sektor pendidikan, pandemi ini juga menyebarkan dampak pada sektor ekonomi, khususnya di bidang bisnis. Banyak perusahaan yang memutuskan untuk merumahkan para karyawan dan staf nya, bahkan ada juga yang harus memutuskan hubungan kerja dengan karyawannya.

Jika biasanya para karyawan dan staf lainnya bekerja langsung di kantor atau gedung perusahaan, maka lain halnya dengan masa sekarang. Banyak orang yang harus melakukan segala hal dari rumah, salah satunya bekerja dari rumah atau yang disebut work from home (WFH). Adanya program ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari WFH ini adalah Anda memiliki waktu yang banyak yang bisa dilakukan dengan keluarga di rumah. Di sisi lain, kekurangannya bisa berupa keterbatasan saat bekerja dari rumah. Keterbatasan dalam hal ini adalah tentang teman diskusi, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara agar nyaman saat bekerja dari rumah? Simak tips-nya di bawah ini.

Lima Tips agar Kerja Nyaman saat WFH

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang diharuskan bekerja dari rumah, maka lakukanlah hal-hal di bawah ini agar nyaman saat WFH:

Menciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Nah, hal pertama yang bisa Anda siapkan adalah ruang kerja. Buatlah ruang kerja senyaman mungkin agar saat Anda bekerja tidak terganggu oleh hal-hal kecil. Anda dapat merenovasinya sedikit terlebih dahulu atau sekadar menata ulang. Jika ruang kerjanya nyaman, maka Anda pun akan merasa nyaman saat bekerja nantinya.

Memastikan Ruang Kerja Tetap dalam Keadaan Rapi

Jika sudah merenovasi atau menata ulang ruang kerja, jangan lupa untuk memastikannya tetap dalam keadaan rapi. Sebab ruangan yang rapi juga sangat penting. Hal ini bisa membuat suasana hati Anda dalam keadaan baik. Ruangan yang rapi juga dapat menambah semangat dalam bekerja. Jika ruangannya tidak rapi dan berantakan, apakah Anda akan nyaman saat menjalankan pekerjaan?

Mengatur Waktu dengan Sebaik-baiknya

Selanjutnya, tips kerja nyaman saat WFH adalah mengatur waktu yang Anda miliki. Semua orang memiliki 24 jam dalam sehari, tetapi yang membedakannya adalah cara menggunakan waktu tersebut. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu yang dimiliki sebaik mungkin. Sarannya, jangan menggunakan waktu bekerja untuk hal-hal main-main. Jagalah kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan kepada Anda.

Memiliki Koordinasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Meskipun bekerja dari rumah, tetapi Anda tetap harus menjaga koordinasi dengan rekan kerja. Koordinasi dalam pekerjaan akan memberikan kelancaran terhadap program-program atau ide yang akan dieksekusi. Hal ini juga sangat diwajibkan karena Anda dapat bertukar pikiran saat berkoordinasi. Oleh karena itu, jagalah selalu koordinasi dengan rekan kerja, meskipun Anda bekerja dari rumah atau WFH.

Memberi Keseimbangan antara Pekerjaan dan Kehidupan

Karena Anda sedang bekerja dari rumah atau WFH, sesuatu yang bukan mengenai pekerjaan mungkin akan terjadi. Dalam hal ini, Anda harus bisa menempatkan diri dan memberikan keseimbangan yang benar-benar tepat. Jangan sampai terlalu fokus pada pekerjaan, begitupun sebaliknya. Kerjakanlah yang menjadi prioritas Anda terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kenyamanan saat bekerja meskipun dari rumah.

Demikianlah pembahasan mengenai tips kerja nyaman WFH yang dapat Anda praktekkan di rumah saat pandemi sekarang ini. Dapat disimpulkan bahwa Anda bisa mendapatkan kenyamanan dengan hanya bekerja dari rumah. Hal ini juga tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk melakukannya.

Exit mobile version