Inilah Aplikasi Chat Selain WhatsApp yang Tidak Kalah Bagus

aplikasi chat selain whatsapp

Foto : acquire.io

Belakangan ini sedang ramai dibahas mengenai aplikasi chatting WhatsApp lantaran kebijakan baru WhatsApp yang mengharuskan pengguna untuk menyetujui berbagi datanya ke Facebook yaitu sebagai induk perusahaan WhatsApp. Seperti yang Anda tahu bahwa WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan.

Banyak orang yang Pro dan Kontra akan kebijakan baru yang dibuat oleh WhatsApp, sehingga jika pengguna kontra dengan update baru ini maka akun WhatsApp pengguna akan dihapus. Ini membuat para pengguna WhatsApp memilih uninstall dan mencari aplikasi chatting pengganti WhatsApp. 

Sebenarnya di zaman sekarang sudah banyak Aplikasi chat selain whatsapp. Hanya saja Aplikasi chat lainnya masih belum terkenal dan belum memiliki nama ditelinga masyarakat. Ini dia empat aplikasi chat selain whatsapp yang tidak kalah bagus, yaitu :

1. Telegram

Siapa  yang tidak tahu aplikasi chat yang sudah cukup booming di Indonesia ini. Telegram merupakan aplikasi pesan yang menyediakan layanan privasi dan teknologi enkripsi yang membuat percakapan lebih aman. Tidak kalah menariknya Telegram juga mempunyai beberapa fitur yang menarik seperti fitur self-destruct yang akan menghapus pesan secara permanen setelah jangka waktu tertentu. 

Telegram juga dikenal mempunyai banyak emoticon yang lucu digunakan untuk chatting. Selain itu, Aplikasi chat ini juga dapat diandalkan untuk mengirim file berukuran besar, Kapasitas grup chat sampai 5.000 orang, tersedia secret chat dan masih banyak lagi.

2. Line

Tidak kalah terkenal dari WhatsApp, Aplikasi satu ini juga sering digunakan yaitu Line. Walaupun sebagai aplikasi chat line juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan atau video chat dengan beberapa orang sekaligus. Keunggulan lainnya, Line menyediakan fitur efek dan filter saat melakukan panggilan sehingga obrolan yang dilakukan akan terasa lebih menyenangkan.

Biasanya, aplikasi line ini digunakan sebagai personal social network yaitu pengguna dapat berbagi foto dan video sebagai momen bersama teman berupa postingan.

3. Signal

Berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya yang sudah dijelaskan, Aplikasi satu ini kurang terkenal di masyarakat Indonesia. Aplikasi ini sempat diperkenalkan oleh CEO Tesla dan Space X bahkan Elon Musk menyarankan signal sebagai aplikasi pengganti WhatsApp. Signal merupakan aplikasi chatting yang dilengkapi dengan obrolan suara gratis yang berfokus pada privasi.

Signal juga sudah tersedia dan dapat digunakan di Apple, Smartphone, Android dan melalui desktop. Nomor telepon seluler yang digunakan untuk registrasi akun signal ini memiliki fungsi utama yang tidak jauh dari aplikasi chat lainnya yaitu mengirim teks, video, audio dan gambar serta dapat melakukan video call atau panggilan secara personal maupun grup. Semua fitur tersebut sudah diamankan dengan enkripsi end to end.

4. WeChat

Aplikasi ini adalah buatan dari Tencent yang disarankan menjadi alternatif pengganti aplikasi whatsapp. Memiliki fitur yang hampir sama dengan WhatsApp yaitu mengirim teks, video, foto, suara dan berbagi lokasi dengan orang terdekat. 

Aplikasi ini juga tidak kalah dengan aplikasi lain, karena dapat membuat obrolan grup dengan kapasitas 500 anggota. Selain itu fitur seperti aggregator berita, game, share lokasi, stiker hingga layanan pembayaran non tunai bersama WeChat Pay juga ditawarkan dalam aplikasi ini.

Itulah empat aplikasi chat selain WhatsApp yang dijamin memiliki fitur memadai dan membuat komunikasi Anda nyaman dan lancar. Tentunya ini dapat dijadikan alternatif  untuk Anda yang tidak setuju dengan kebijakan baru WhatsApp.

Exit mobile version