Inilah Bahaya Malware Pada Android, Tingkatkan Keamanan Ponsel Anda

Bahaya Malware Pada Android

Foto : medcom.id

Malware atau Malicious software adalah sebuah perangkat lunak yang diciptakan dengan tujuan untuk merusak dan menghancurkan jaringan yang ada di dalam sebuah perangkat lunak. Bahkan saat ini, malware sering digunakan oleh para peretas untuk melakukan aksi tidak baik seperti mencuri data-data, serta mengambil informasi pribadi milik perangkat pengguna.

Seiring berkembangnya teknologi maka bertambah pula jumlah pengguna perangkat android. Tentu saja ada sisi negatif dimana para penjahat cyber berpeluang memanfaatkan celah dari perangkat android pengguna untuk mendapatkan informasi pribadi, misalnya akun sosial media, nomor rekening ataupun data penting anda lainnya.

Para penjahat cyber akan menyebar malware ke dalam banyak bentuk, bisa lewat pesan email, link website ataupun aplikasi yang bisa menjebak pengguna android. Sebagai pengguna yang bijak, berhati-hatilah dalam menginstal aplikasi pada ponsel android anda. Apabila ponsel android anda sudah terserang malware, maka besar potensi data pribadi anda bisa dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Ada banyak jenis malware yang harus anda ketahui, contohnya adalah virus, adware, trojan, spyware, worm, dan ransomware. Program-program ini sangat berbahaya karena mampu menciptakan kerusakan serius pada ponsel Android anda, akan ada banyak kerugian seperti hilangnya data pribadi bahkan hingga kehilangan uang bisa saja terjadi.

Kenali bahaya malware pada android agar anda dapat mengantisipasi ponsel anda dari serangan malware. Berikut dampak buruk yang bisa merugikan anda bila ponsel anda terkena malware:

Cara Mengantisipasi Agar Ponsel Aman Dari Malware

Salah satu cara malware bisa masuk ke ponsel anda adalah melalui aplikasi yang anda instal, maka hindarilah mengunduh aplikasi dari situs yang tidak resmi atau mungkin dari iklan yang muncul  karena itu dapat membuat ponsel anda rentan terkena serangan malware. Anda bisa mengunduh aplikasi di Google Play Store yang keamanannya lebih menjanjikan.

Hindari membuka iklan Pop-Up yang muncul di ponsel anda saat Internet di ponsel anda dalam keadaan aktif, karena bisa saja itu merupakan malware yang bisa membuat ponsel anda berada dalam masalah nantinya.

Jangan membuka link yang dikirim lewat SMS, Whatsapp maupun email sebelum anda mengetahui apakah link tersebut aman untuk dibuka.

Pasanglah aplikasi antivirus di ponsel anda sebagai upaya pencegahan dini agar ponsel anda aman dari malware dan sejenisnya. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store, ada banyak Antivirus yang bisa anda pilih di Google Play Store. Dengan memiliki antivirus di ponsel, maka anda dapat memindai file-file atau aplikasi sebelum memasangnya.

Mulailah untuk mengupgrade sistem operasi pada ponsel android anda sejak dini, karena ini merupakan langkah penting untuk mengamankan ponsel anda dari serangan malware.

 

 

Exit mobile version