Inilah Kebutuhan Nutrisi Untuk Imun Tubuh Yang Harus Dipenuhi

Nutrisi Untuk Imun Tubuh

Nutrisi untuk imun tubuh harus bisa dipenuhi semaksimal mungkin agar kesehatan dapat terjaga. Kebutuhan nutrisi ini perlu dilengkapi agar tubuh siap melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Nutrisi yang terpenuhi dengan baik akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Ada beberapa jenis nutrisi yang bisa dipilih dan baik untuk kesehatan tubuh. Anda harus mengetahui berbagai nutrisi yang baik untuk menjaga imun. Nutrisi ini sangat diperlukan terutama dalam kondisi yang tidak menentu seperti saat ini. Pemenuhan nutrisi akan membantu mencegah tubuh agar tidak terserang penyakit.

Melansir dari alodokter ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk bisa menjaga imun tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam makanan ini membantu tubuh agar tidak mudah terserang bakteri dan parasit. Berikut adalah makanan yang bisa dikonsumsi tubuh agar imunitas tetap terjaga.

Bayam

Mengonsumsi sayuran memang sangat baik untuk tubuh. Salah satu sayuran hijau yang bisa menjaga kondisi imun adalah bayam. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam bayam adalah antioksidan. Zat nutrisi ini berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam bayam dipercaya lebih besar jika dibandingkan dengan brokoli. Agar kandungan nutrisi dalam bayam tetap terjaga, Anda tidak boleh memasak sayur ini terlalu lama.

Kunyit

Rempah-rempah tidak hanya bisa digunakan untuk bumbu masakan, melainkan juga menutupi tubuh. Salah satu rempah yang bisa menjaga sistem imun adalah kunyit. Rempah ini mempunyai kandungan antioksidan dan kurkumin yang cukup tinggi, sehingga ampuh menjaga kekebalan tubuh.

Cara pengolahan kunyit yang bisa dilakukan adalah dengan menjadikannya sebagai obat herbal. Anda bisa mengambil sari dari kunyit dan merebusnya dengan menambahkan madu. Anda bisa meminum jamu herbal ini secara rutin.

Makanan Laut

Jenis makanan selanjutnya untuk meningkatkan imun tubuh adalah yang berasal dari laut. Makanan laut banyak mengandung omega 3 dan protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Di samping itu, makanan laut mengandung mineral dan vitamin yang berguna untuk tubuh.

Makanan dari laut yang bisa dikonsumsi adalah kerang, tiram, dan ikan. Anda harus bisa mengolah makanan laut dengan cara yang tetap agar tidak menghilangkan nutrisinya. Selain itu, pengolahan makanan laut yang tepat bisa menghilangkan racun yang mungkin terkandung di dalamnya.

Buah-Buahan

Sudah bukan rahasia lagi jika buah-buahan banyak mengandung vitamin. Kandungan vitamin yang ada dalam buah bisa digunakan untuk menjaga imunitas tubuh. Di samping itu, buah-buahan juga banyak mengandung antioksidan dan mineral yang tinggi.

Berbagai jenis buah yang baik untuk menjaga imunitas adalah jeruk, pepaya, lemon, mangga, dan jambu. Berbagai buah tersebut banyak mengandung vitamin C dan D yang menjaga kekebalan tubuh. Mengkonsumsi buah ini secara rutin juga akan membuat imunitas tubuh perlahan meningkat.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan fermentasi yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Kandungan nutrisi yang ada di dalam yogurt adalah probiotik. Nutrisi ini bisa membantu menjaga imunitas tubuh secara optimal. Probiotik yang ada dalam yogurt membantu mencegah bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh.

Kandungan probiotik dalam yogurt bisa mencegah infeksi saluran pernafasan, seperti ISPA. Anda bisa mengkonsumsi yoghurt ini secara rutin agar merasakan manfaat besar yang ada di dalamnya. Pilihlah yogurt dengan merk yang sudah terpercaya agar bisa memenuhi standar nutrisi.

Exit mobile version