Inilah Pembalap MotoGP Terbaru Pengganti Valentino Rossi

Foto : beritasatu.com

Kabar terbaru dari pembalap Motogp yaitu Valentino Rossi yang berpotensi absen dalam dua seri ke depan di MotoGP 2020. Harapan Valentino Rossi untuk memperbaiki kinerja di MotoGP Aragon akhir pekan ini pupus sudah. Pembalap Monster Energy Yamaha dipastikan absen karena terkena positif virus corona.

Valentino Rossi sempat mengumumkan kabar ini melalui akun media sosialnya. Rossi menjadi pembalap MotoGP pertama yang terkena virus corona. Sebelumnya juga Covid-19 juga menyerang pembalap Moto2 Jorge Martin. Rossi mengaku mengalami demam ringan dan ngilu ketika bangun. Pembalap berusia 41 tahun ini pun menjalani dua tes, Hasil tes pertama Valentino Rossi menunjukkan negatif.

Namun, Setelah Hasil Tes Kedua Keluar, ternyata Rossi memperlihatkan dirinya positif terkena covid-19. Karena kabar inilah membuat nama beberapa pembalap muncul sebagai penggantinya. Sebelumnya, Valentino Rossi mengungkapkan bahwa dirinya kecewa karena batal tampil. Namun, Rossi akan mencoba optimis walaupun harus absen pada putaran kedua di Aragon.

Perasaan sedih dan marah juga dirasakan oleh Rossi walaupun sudah berusaha sebaik mungkin mengikuti protokol kesehatan. Rossi sudah menjalani Karantina mandiri sejak tiba dari Le Mans. Banyak pihak mendoakan agar keadaan Valentino Rossi segera membaik. Sebelum terkena Covid-19 ini, Rossi sempat gagal finis di tiga seri terakhir.

Karena itu, kinerjanya membuat terlempar ke peringkat 13 dengan jarak 57 poin dari pimpinan klasemen MotoGP Fabio Quartararo (Petronas Yamaha). Banyak nama-nama pembalap MotoGP terbaru yang diajukan sebagai pengganti. Tanpa Valentino Rossi, Monster Energy Yamaha hanya akan dibela oleh Maverick Vinales. Namun, Yamaha memang harus mencari pembalap vinales di MotoGP Teruel, 25 oktober mendatang.

Dilansir dari CNN Indonesia (15/10), Pemilihan pengganti ini akan sesuai dengan regulasi yang ada, sebuah tim MotoGP hanya bisa membiarkan kursi kosong karena pembalap cedera di satu seri. Banyak nama yang akan menjadi empat kandidat pengganti Rossi di MotoGP Teruel. Pertama, Jorge Lorenzo, Nama Lorenzo jadi yang paling favorit jadi pengganti Rossi. X-Fuera merupakan pembalap pengalaman dan sangat mengenal Yamaha.

Dalam Perjalanan Karirnya, Lorenzo sudah pernah meraih tiga gelar juara dunia bersama Yamaha dan saat ini masih berstatus pembalap penguji. Lorenzo memiliki banyak kelebihan sehingga dijadikan favorit untuk mendampingi Vinales di MotoGP Teruel. Nama Kedua yang muncul adalah Jonas Folger. Folger sangat mengenal baik dengan motor Yamaha.

Folger juga merupakan pembalap penguji di Yamaha sebelum digantikan oleh Lorenzo. Mantan Pembalap Yamaha Tech 3 ini sempat ambil bagian di ajang terkenal yaitu WSBK. Nama ketiga yang muncul adalah Michael van der Mark. Pembalap ini disiapkan sebagai pembalap pengganti Rossi di ajang MotoGP 2017. Sempat Digadang-gadang menjadi pengganti Rossi yang cedera tulang tibia dan fibula di MotoGP Aragon. Namun, Rossi diluar dugaan bisa tetap ambil bagian di MotoGP Aragon.

Van der Mark sendiri saat ini balapan bersama Pata Yamaha di ajang WSBK. Nama keempat yang muncul menjadi pengganti berikutnya adalah Loris Baz. Baz juga masuk ke dalam daftar pengganti Rossi. Ini seiring bakal berakhirnya ajang WSBK 2020 yang akan berlangsung di Portugal pada tanggal 17-18 Oktober.

Loris Baz akan menjadi lebih leluasa memperkuat Yamaha di MotoGP Teruel. Baz juga punya pengalaman balapan di MotoGP saat menggantikan Pol Espargaro di MotoGP Inggris tahun 2018. Yamaha akan mencari pengganti dari Valentino Rossi dan Akhirnya Keempat nama diatas memang dikabarkan akan menjadi Pembalap Pengganti di MotoGP 2020.

Exit mobile version