Inilah Tips Persiapan Mahasiswa Baru yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Tips Persiapan Mahasiswa Baru yang Perlu Kamu Ketahui

Gambar : Pixabay

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentunya akan sangat berbeda di jenjang pendidikan sebelumnya. Dengan menjadi mahasiswa, kamu pasti akan dihadapkan dengan berbagai hal. Hal ini disebabkan oleh sistem yang berlaku di universitas tersebut. Lalu, apa saja, sih, yang harus kamu persiapkan saat mulai kuliah? Dalam artikel ini akan dibahas secara tuntang mengenai tips persiapan mahasiswa baru agar kamu tidak merasa bingung nantinya.

Belajar di perguruan tinggi tentunya merupakan hal yang baru bagi para pelajar SMA yang baru saja lulus. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena semua hal tentunya bisa dilewati satu-persatu. Nah, untuk itu, simaklah baik-baik pembahasan artikel di bawah ini.

Tips Persiapan Mahasiswa Baru

Berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan sebagai mahasiswa baru:

Biaya

Salah satu faktor yang mendukung pendidikan adalah biaya. Tidak bisa dipungkiri bahwa akan ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi saat menjadi mahasiswa, salah satunya adalah buku untuk mata kuliah. Nah, bagi kamu yang akan memasuki perguruan tinggi, maka persiapkanlah hal-hal tersebut sedari dulu dengan menabung. Jika sudah dipersiapkan, maka semuanya akan terasa lebih mudah dan ringan.

Mental Beradaptasi

Hal selanjutnya yang harus dimiliki dan dipersiapkan oleh seorang mahasiswa baru adalah mental beradaptasi. Alasannya adalah karena dunia kampus sangatlah berbeda dengan di SMA. Salah satu contohnya adalah pemberian materi kuliah. Jika di SMA kamu akan disuguhi materi oleh guru mata pelajaran, maka hal itu akan berbeda dengan dunia perkuliahan. Kamu akan diminta untuk mencari sendiri materi yang akan dipelajari kemudian mempresentasikannya di depan kelas.

Mental Mengerjakan Tugas

Hal berikutnya yang sangat perlu di persiapkan adalah mental mengerjakan tugas. Poin yang satu ini mungkin terdengar seperti lelucon. Namun, menjadi mahasiswa berarti kamu harus siap dengan tugas-tugas dan deadlines yang tidak akan sesuai dengan harapan kamu. Kamu akan dibentuk sedemikian rupa agar bisa membentuk mental lahir batin yang kuat. Kuncinya adalah pintar-pintarlah dalam mengatur waktu yang dimiliki agar tidak hectic dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas kuliah.

Celengan Rindu

Bagi kamu yang berasal dari tanah rantau, pastikan kamu kuat dalam menahan rindu pada orang tua, saudara, dan juga kampung halaman. Jadwal kuliah yang terkadang berubah-ubah tidak bisa membuatmu menjadwalkan pulang dengan seenaknya. Seringkali kamu akan terpaksa menunda jadwal kepulangan untuk hal-hal yang tidak bisa ditinggalkan di kampus. Oleh karena itu, kuatkan dirimu saat jauh dari kampung halaman dan niatkan perjalanan menuntut ilmu tersebut sebagai ibadah agar terasa diringankan.

Menentukan Organisasi

Tidak lengkap rasanya jika menjadi mahasiswa, tetapi tidak menjadi bagian dari organisasi apa pun. Meskipun bergabung dengan organisasi bukanlah sebuah kewajiban, tetapi dengan bergabung di dalamnya, kamu akan mendapatkan hal yang lebih. Hal tersebut adalah yang tidak kamu dapatkan saat belajar di kelas.

Dengan menjadi setidaknya anggota organisasi, kamu akan memahami banyak hal, salah satunya adalah kerja sama. Bagaimana organisasi tersebut bisa membangun sikap dan karakter yang ada dalam dirimu dari hal-hal yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya, salah satunya adalah dengan menjadi panitia dalam sebuah kegiatan.

Kamu akan terlatih berkorban, baik itu berkorban uang, waktu, dan pemikiran. Oleh karena itu, jika kamu ingin bergabung dengan suatu organisasi, maka pilihlah organisasi yang menurutmu tepat. Kamu bisa menentukannya melalui minat, kemampuan yang dimiliki, dan kebutuhan akan karirmu di masa yang akan datang.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai tips persiapan mahasiswa baru. Setelah menjadi seorang mahasiswa, kamu diharapkan untuk memiliki hal-hal di atas agar tidak berhenti di tengah jalan. Dengan begitu, kamu akan menemukan hal-hal baik selama menjadi mahasiswa nantinya.

 

Exit mobile version