Jadwal MotoGP 2020 Seri ke-4 Agustus ini di Australia

Jadwal Moto GP 2020

(Gambar : Tirto)

Ajang balap MotoGP sudah memasuki seri ke empat Kejuaraan Dunia. Untuk seri keempat ini, ajang balap Moto GP akan di Gelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Australia pada sepanjang Agustus ini. Pada tanggal 14 Agustus 2020 telah  disiarkan secara langsung di Trans 7.  Seperti pada ajang balap Moto GP biasanya, pada hari pertama atau pada rangkaian pekan ajang balap Moto GP akan selalu dihiasi dengan dua sesi latihan bebas yang indah.

Pada sesi Latihan bebas pada tanggal 14 Agustus tersebut, para pembalap bisanya aka memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan tersebut untuk meraba – raba kondisi sirkuit yang ada lalu mencari setelan motor yang pas digunakan sesuai dengan kondisi tersebut.

Sesi latihan bebas pertama berlangsung setelah ajang balap Moto 3. Sehingga lintasannya terpantau akan menjadi sedikit licin. Hal tersebut bisa diketahui dari jejak ban pada lintasan yang sebelumnya telah digunakan untuk ajang balap Moto 3 belum terlalu banyak. Untuk itu, pembalap harus berhati – hati dengan lintasan tersebut, karena daya cengkram antara ban dengan aspal masih minim.

Dilansir dari Okezone, berdasarkan ramalan cuaca yang ada, Pegunungan Styria akan diguyur hujan pada pekan ini. Namun, berbanding terbalik dengan laman yang ada di accuweather, Sesi latihan bebas pertama (FP1) akan berlangsung pada pukul 09.55 – 10.40 tidak akan diguyur hujan dan cuacanya cerah.

Dengan adanya FP1 ini, diharapkan para pembalap dapat mengatur setelan motor, serta menggunakan ban yang pas guna memaksimalkan peluangnya untuk menjadi posisi terdepan dikarenakan suhu udara akan sangat berpengaruh pada kinerja ban dan cengkramannya terhadap aspal.

Untuk sesi latihan bebas ke dua dilakukan pada jam 19.10 hingga 19.55 WIB. Sama seperti yang dilakukan pada sesi pertama, pada sesi ke dua ini, pembalap juga harus mencari setingan yang pas untuk berkendara. Kondisi yang ada pada sesi dua biasanya tidak akan jauh berbeda dengan sesi pertama, sehingga pembalap bisa juga mengevaluasi settingan motor dievaluasi pertama tadi, apakah sudah pas atau belum.

Namun, faktanya pada sesi latihan ke dua tadi kondisinya adalah campuran antara kering dan basah karena sempat terjadi hujan deras. Hal tersebut membuat tikungan ke 3 dan ke 4 menjadi lebih lama kering karena terdapat genangan air.

Hasil sesi latihan ini dimenangkan oleh P. Espargaro dengan catatan waktu 1 Menit 24,193 detik dan Miller dengan catatan waktu 1 Menit 24,724 detik pada FP 2.

Setelah dilakukan FP1 dan F2 akan ada lagi yaitu FP 3 dan FP 4. Namun, bila pada tanggal 15 Agustus nanti cuaca tidak memungkinkan, maka ada kemungkinan FP3 dan FP4 akan dibatalkan. Semuanya akan tergantung pada kondisi curah hujan yang ada.

Dilansir dari Okezone, berdasarkan kutipan Crash, Papar Jack Miller mengatakan bahwa mereka akan berdiskusi dengan Komite Keselamatan. Namun, apabila ternyata nanti hujannya sangat deras, dirinya yakin tidak akan ada balapan. Dengan kata lain adalah ditunda.

Berikut adalah jadwal MotoGP 2020 Agustus ini untuk para penggemar Moto GP bisa menyaksikannya langsung di Trans 7.

Jumat, 14 Agustus 2020

14:55 WIB : Sesi Latihan Bebas Pertama (FP1)

19:10 WIB : Sesi Latihan Bebas Kedua (FP2)

Sabtu, 15 Agustus 2020

14:55 WIB : Sesi Latihan Bebas Ketiga  (FP3)

18:30 WIB : Latihan Bebas Keempat (FP4)

19:10 WIB : Kualifikasi Pertama

19:35 WIB : Kualifikasi Kedua

Exit mobile version