Jadwal MotoGP Catalunya 2020 Mundur, Rossi Gagal Juara

Foto : balapmotor.net

Anda penggemar MotoGP ? Siapapun yang anda jagokan dalam ajang balap kuda besi, akan tersaji pada gelaran MotoGP Catalunya 2020. Ada yang berbeda dengan balapan MotoGP musim 2020, anda baru bisa menontonnya pada pukul 20.00 WIB dimana biasanya anda menonton gelaran MotoGP pada pukul 19.00 WIB.

Sedangkan, untuk seri balapan Moto2 dimulai pukul 18.20 WIB. Untuk seri Moto3 dimulai pukul 17.00 WIB. Seri MotoGP ke-8 berlangsung di Sirkuit Barcelona, Minggu (27/9/2020).

Situs resmi MotoGP mengatakan, penyebab mundurnya race MotoGP kali ini adalah demi menghindari bentrok dengan gelaran ajang balap F1. Pihak MotoGP mengkhawatirkan bentroknya jadwal MotoGP Catalunya 2020 bisa menyedot perhatian para penggemar balap lainnya.

Balapan Formula 1 sendiri berlangsung di sirkuit Sochi Autodrom Rusia pukul 18.10 WIB. Mundurnya Race kali ini lebih ke pertimbangan jumlah penonton yang akan menonton MotoGP yang menurun jika bentrok dengan Formula 1.

Untuk jadwal Warm Up motoGP Catalunya 2020 yakni sebagai berikut:

14.40 WIB Moto3 Warm Up

15.10 WIB Moto2 Warm Up

15.40 WIB MotoGP Warm Up

Sedangkan untuk sesi balapannya yakni sebagai berikut:

17.00 WIB Moto3 Balapan

18.20 WIB Moto2 Balapan

20.00 WIB MotoGP Balapan

Peluang Valentino Rossi The Doctor mencatatkan kemenangan perdananya di musim ini terbuka lebar. Ia memulai balapan dari urutan ketiga, posisi yang cukup bagus di baris terdepan. Rossi bersemangat menjalani Race Catalunya 2020 karena baru saja menandatangani kontrak dengan Petronas Yamaha SRT.

Urutan Start MotoGP Catalunya 2020 yakni diisi oleh Franco Morbidelli pada urutan pertama, Fabio Quartararo urutan kedua dan Valentino Rossi urutan ketiga.

Jalannya Balapan

Sirkuit Catalunya sedikit berangin dimana suhu udara mencapai 19 derajat celcius. Dengan cuaca dan suhu udara yang seperti itu, maka sebagian besar pebalap memilih kombinasi ban soft-soft.

Namun ada juga yang menggunakan ban depan medium yakni Brad Binder, Alex Marquez, Espargaro, Pol Espargaro, dan Miguel Oliveira.

Kejadian mengejutkan langsung terjadi pada lap pertama dima Dovizioso dan Zarco bertabrakan, kemudian terjatuh. Penyebabnya Zarco yang kehilangan kendali motornya. Jatuh terlebih dahulu sehingga menyenggol Dovizioso yang berada di dekatnya.

Dari lap kesatu hingga ketiga, Morbidelli mampu mempertahankan posisi dengan dikuntit oleh Rossi dan Quartararo.

Kejutan datang dari rekan satu tim Rossi, Vinales posisinya melorot hingga ke-15 pada lap kelima. Padahal Ia memulai balapan dari urutan kelima. Sedangkan Fabio Quartararo menjadi pembalap tercepat pada lap keempat kemudian berhasil menyalip Rossi pada tingkungan 1, lap keenam.

Akhirnya pada lap ke-9, Quartararo berhasil memimpin balapan. Morbidelli disalip pada tikungan 1, sepertinya tikungan ini membawa keberuntungan.

Pada lap ke-14 Rossi bisa menjauh dari kejaran Jack Miller yang menguntitnya. Keunggulan Rossi mampu dipertahankan, 2.096 detik. Kemudian peluang menyalip pun muncul ketika Morbidelli kehilangan kendali. Motornya melebar di tikungan 1, tidak disia-siakan, Rossi pun mampu menyalip dan menempati urutan kedua.

Sayangnya Quartararo terus melaju setelah Morbidelli dan Rossi sempat keluar lintasan. Keunggulan 3.120 detik Quartararo hingga memimpin balapan. Sialnya Rossi terjatuh menimpa Miguel Oliveira pada lap ke-19.

Pada lap ke-23, Morbidelli mendapat perlawanan ketat dari Joan Mir hingga Morbidelli disalip di tikungan 1.

Akhirnya balapan dimenangkan oleh Quartararo, diikuti oleh Joan Mir dan Alex Rins.

Rossi yang belum mampu tampil gemilang tetap memberikan perhatian besar kepada penggemar MotoGP. Atau kemungkinan era kejayaan Rossi sudah mulai menurun. Salam Olahraga.

Exit mobile version