Jangan Panik! Inilah Cara Cari HP Hilang Dengan Mudah

Cara cari hp hilang

Foto : aeuroweb.com

Hampir semua orang pernah kehilangan Handphone, bagaimana cara melacak HP yang hilang itu? Pastinya ini akan menjadi sebuah pertanyaan bagi para pengguna yang kehilangan handphone kesayangannya.

Bagaimana tidak? saat ini Handphone merupakan sebuah perangkat yang dianggap sangat penting bagi semua orang. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, handphone kini menjadi sarana informasi. Maka hilangnya handphone pasti membuat anda merasa sangat jengkel.

Di sosial media seperti Twitter, sedang viral topik “HP Papaku Hilang (dicuri). Thread dari @qelstudy_ ini telah mencapai 25.700 like dan 5.182 retweets. Cerita HP hilang ini cukup menarik karena sang pemilik berusaha dan berjuang untuk melakukan upaya hingga akhirnya bisa menemukan kembali HP tersebut di sekitar kantor Samsat.

Kisah tersebut tentu mewakilkan perasaan orang banyak yang mungkin juga pernah mengalami hal yang sama. Ada banyak netizen yang juga mengalami hal demikian, hilangnya karena jatuh dijalan atau dicuri orang lain. Jelas, hal itu merupakan kerugian besar bagi Netizen yang merasakan kejadian itu.

Cukup kesal dan memicu emosional, sedih, marah, pasrah dan bingung harus bagaimana agar HP Anda bisa jatuh ke tangan Anda lagi. Namun sayangnya ada banyak netizen yang belum tahu bahwa HP yang hilang atau kecopetan masih bisa dicari dan dilacak seperti halnya cerita yang sedang viral di Twitter itu.

Dilansir detikiNet (6/2), inilah beberapa cara cari HP hilang yang bisa Anda coba lakukan:

Sebelumnya ada syarat yang harus Anda penuhi bila ingin mencari HP yang hilang ataupun kecopetan:

  1. Pastikan bahwa fitur Find My Device di HP dalam posisi aktif. Biasakan sejak dini untuk mengaktifkan fitur Find My Device. Cukup mudah, Anda bisa membuka dari bagian Setting di Handphone Anda, selanjutnya pilih Security dan nyalakan tombol Find My Device.
  2. Ini hal yang penting, HP Anda harus dalam keadaan menyala
  3. Gunakan akun Google yang biasa Anda sering pakai.
  4. Selalu terhubung dengan paket data atau WiFi.
  5. Pastikan fitur Location/GPS selalu dalam posisi aktif.

Setelah memenuhi beberapa persyaratan diatas, maka Anda bisa melakukan cara dibawah ini untuk mencari hp Anda yang hilang:

  1. Anda bisa menggunakan perangkat lain (HP lain atau Laptop) yang bisa Anda gunakan untuk login akun Google yang Anda login di HP Anda yang hilang itu.
  2. Anda bisa membuka web browser dan mengakses https://www.google.com/android/find
  3. Bila Anda membuka dari Handphone, maka Anda bisa langsung mengunduh aplikasi Find My Device di Google Play Store.
  4. Google akan memberikan informasi dimana lokasi HP yang hilang di Google Maps dengan akurasi jarak hingga 10 meter.
  5. Anda bisa memilih “Amankan Perangkat” untuk mengunci HP sehingga HP Anda tidak bisa digunakan oleh orang lain. Anda tetap bisa mencari HP tersebut sekalipun telah dikunci
  6. Pilih Putar Suara, maka HP akan berdering selama 5 menit dengan suara yang keras, meskipun setelan HP tersebut sebelumnya dalam mode senyap. Anda bisa pergi ke lokasi tersebut dan mendekati lokasi suara untuk menemukan HP yang hilang.
  7. Demi memastikan keamanan diri Anda, janganlah pergi sendiri ke tempat tersebut. Anda bisa mengajak satpam atau petugas keamanan untuk menemani Anda saat mendekati lokasi HP yang hilang atau kecopetan tersebut.

 

Exit mobile version