Jangan Salah Pilih! Inilah Cara Beli Mobil Bekas yang Perlu Diperhatikan

Foto : magazine.job-like.com

Cara beli mobil bekas memang terkesan gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena saat ini telah banyak tempat yang menyediakan penjualan mobil bekas. Namun bila berbicara susahnya, anda harus cermat dan teliti dalam memilih karena bisa saja mobil bekas yang dijual tersebut ternyata kurang berkualitas.

Namun tidak semua mobil bekas yang dijual dapat dipandang sebagai kendaraan yang bermasalah. Faktanya banyak juga mobil-mobil yang masih  dalam kondisi baik namun dijual oleh pemiliknya karena satu alasan tertentu seperti kebutuhan finansial dan lain sebagainya. Tentunya agar bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas anda harus benar-benar jeli dan juga teliti dalam memilih.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan ketika memutuskan ingin membeli kendaraan berupa mobil bekas. 

Jangan Segan Meminta Catatan Servis Lengkap Kendaraan

Tips  pertama yang perlu Anda perhatikan adalah melihat catatan lengkap servis kendaraan yang ingin dibeli. Catatan servis atau service record menjadi hal yang sangat penting untuk melihat apakah mobil tersebut dirawat secara rutin atau tidak. Apabila mobil mendapatkan perawatan secara rutin maka performa dan kondisi yang dimilikinya akan lebih prima.

Selain itu, dengan melihat riwayat catatan servis kendaraan secara lengkap Anda juga bisa mengecek apa saja daftar kerusakan yang mungkin pernah terjadi pada mobil tersebut. Hal ini penting sehingga Anda bisa menilai apakah kira-kira mobil tersebut sesuai dengan yang Anda cari ataukah tidak.

Senantiasa Cek Performa Mesin Kendaraan Yang Ingin Anda Beli

Mesin adalah bagian yang sangat penting bagi sebuah mobil. Dapur pacu ini akan menentukan kinerja dari kendaraan yang Anda miliki. Semakin baik kondisi mesin yang dimiliki maka akan semakin baik pula kinerja mobil yang akan Anda beli. Untuk mengecek mesin kendaraan, Anda bisa menghidupkan mesin mobil dan kemudian perhatikan bunyi mesin yang menyala.

Jika mesin kendaraan terdengar halus dan tidak kasar serta tidak ada bunyi-bunyi yang aneh maka secara umum mesin tersebut dapat dikatakan baik. Selain itu mesin mobil yang masih prima biasanya juga mudah untuk di-starter. Jika Anda sudah mengecek nyala mesin mobil, yang tak kalah penting lagi adalah mencoba melakukan test drive untuk melihat performa mesin ketika digunakan.

Perhatikan Bagian Aksesoris Dan Interior Mobil

Bagian aksesoris dan interior mobil juga tidak boleh luput dari perhatian dan pengecekan. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang sangat perlu Anda perhatikan adalah pada bagian dashboard, pengaturan AC, karpet, kenyamanan jok mobil yang akan Anda beli, dan juga bagian langit-langit bagian interior mobil Anda. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan sesuai dengan selera Anda.

Cek Bagian Body Mobil Secara Menyeluruh

Tips berikutnya yang perlu diperhatikan adalah mengecek bagian body mobil dan juga tampilan eksterior seperti cat mobil dan lain sebagainya. Selain cat body, komponen lain yang perlu Anda perhatikan adalah pintu, kap mesin, kaca, spion, lampu-lampu, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa semuanya masih berfungsi secara optimal dan sebisa mungkin masih orisinil. Sebagai tambahan, pastikan juga chassis mobil masih prima dan tidak ada bekas tabrakan.

Kelengkapan Surat Dan Dokumen

Jika anda sudah merasa cocok, jangan lupa untuk menanyakan kelengkapan surat dan juga dokumen kendaraan yang ingin Anda beli. Pastikan semuanya lengkap mulai dari STNK, BPKB, dan usahakan semuanya sama dengan nama asli pemiliknya untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

Tidak Ada Salahnya Mengajak Mekanik

Jika Anda merasa kurang begitu paham dengan kondisi mesin kendaraan, tidak ada salahnya untuk mengajak mekanik ketika melakukan pengecekan mobil bekas. Mekanik yang handal pasti bisa memberikan saran apakah mobil tersebut memang masih layak untuk digunakan ataukah tidak.

Itulah beberapa tips penting yang bisa digunakan ketika ingin membeli mobil bekas. Kini dengan beberapa tips di atas, anda bisa membeli mobil bekas berkualitas dan juga memiliki kondisi prima pada saat digunakan untuk berkendara.

Exit mobile version