Jangan Sampai Telat Mendaftar, Inilah Jadwal Beasiswa LPDP 2020

Foto : blog.schoters.com

Sudahkah Anda mengetahui informasi terbaru mengenai beasiswa LPDP 2020? Masih banyak yang belum tahu mengenai Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang diperuntukkan untuk S2 dan S3. Adanya beasiswa tersebut bertujuan untuk mendukung sumber daya manusia agar memiliki kualitas yang baik di masa depan nantinya.

Seseorang yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut harus memenuhi beberapa syarat. Seperti merupakan WNI, lulusan sarjana atau magister yang Universitasnya terakreditasi Ban-PT. Selain itu, seseorang yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial bisa mendapatkan beasiswa LPDP.

Jadwal Beasiswa LPDP 2020 yang Harus Diketahui

Terdapat dua jenis beasiswa LPDP tahun 2020 yang tersedia, yakni beasiswa LPDP PTUD dan beasiswa LPDP Pendidik. Kedua jenis beasiswa tersebut memiliki jadwal yang sama di mana pendaftaran beasiswa ini sudah dibuka sejak 6 Oktober 2020. Berikut ini jadwal lainnya yang berkaitan dengan beasiswa LPDP.

Penutupan Pendaftaran

Penutupan pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 20 Oktober sampai pukul 23.59. Bagi Anda yang ingin mencoba dan memenuhi syarat, maka bisa menuju situs resminya. Kemudian ada beberapa syarat yang harus Anda sertakan di dalamnya. Seperti melampirkan Surat Rekomendasi dua akademisi bagi yang belum bekerja atau dari atasan bagi yang sudah kerja.

Selain itu, calon peserta beasiswa diharapkan untuk mengisi profil pada formulir pendaftaran online, menulis Personal Statement, dan menulis rencana studi. Ada lagi menulis komitmen rencana kontribusi di Indonesia pasca studi. Usahakan untuk melengkapi semua dokumen yang diminta dan melakukan submit untuk mendapatkan kode pendaftaran.

Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi untuk beasiswa LPDP dilakukan pada tanggal 21 Oktober sampai dengan 1 November 2020. Hal ini merupakan seleksi tahap pertama. Cara agar bisa lolos seleksi tersebut adalah dengan memastikan bahwa Anda memenuhi syarat non administratif. Selain itu pastikan bahwa semua data yang diminta sudah Anda lengkapi.

Jika sudah, maka ada beberapa tips agar Anda lolos. Mulai dari menyiapkan CV dengan baik, melakukan proofread pada esai, dan melakukan pemeriksaan sebelum melakukan submit. Biasanya seseorang yang datanya kurang lengkap maka bisa gugur. Hal ini dikarenakan pendaftar yang banyak dan cukup ketat.

Pengumuman Seleksi Administrasi

Setelah melakukan seleksi, Anda harus menunggu pengumuman sehari setelahnya, yaitu tanggal 2 November 2020. Apabila Anda lolos, maka Anda akan melakukan seleksi substansi. Jika tidak lolos, maka Anda tidak bisa mengikuti seleksi selanjutnya.

Seleksi Substansi

Seleksi tahap kedua akan dilakukan pada tanggal 4 November sampai dengan tanggal 20 November 2020.Dalam seleksi ini biasanya terdapat tiga cara, yaitu verifikasi berkas, tes wawancara, dan LGD atau disebut juga Leaderless Group Disscussion yang dilakukan secara berkelompok.

Namun, karena mengingat di masa pandemi, sepertinya semua seleksi akan dilakukan secara daring. Anda hanya perlu menyiapkan apa saja yang sekiranya menjadi bahan seleksi lain, seperti tes potensi akademik dan tes kepribadian. Selain itu, untuk wawancara Anda harus menyiapkan jawaban yang sekiranya membuat Anda bernilai.

Pengumuman Seleksi Substansi

Setelah melalui seleksi substansi yang ketat, maka Anda hanya perlu menunggu pengumuman. Tentunya pengumuman tersebut sangat ditunggu-tunggu di mana dijadwalkan pada tanggal 4 Desember 2020. Apabila Anda belum berhasil, maka bisa mencoba lagi di pendaftaran berikutnya.

Di atas adalah jadwal beasiswa LPDP 2020 yang bisa Anda ikuti. Jika Anda ingin mencoba dan belum mendaftar, segera daftarkan diri Anda sekarang.Jadi, sudah siapkah Anda untuk mengikuti serangkaian seleksinya untuk mendapat gelar S2 atau S3?

 

Exit mobile version