Kenali Faktor Penyebab dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Foto : averraglow.com

Beberapa orang memiliki masalah dalam jerawat. Masalah ini sering timbul pada tipe wajah berminyak. Selain itu, jerawat juga dapat timbul melalui faktor lain. Apa saja faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat yang membuat adanya noda hitam pada wajah? Berikut penjelasannya.

Faktor Muncul Jerawat di Wajah

Kemunculan jerawat dipicu oleh beberapa faktor, yaitu produksi minyak berlebih, tersumbatnya folikel rambut oleh campuran sel kulit, bakteri Propionibacterium acnes penyebab peradangan dan hormon androgen yang berlebihan. Makanan yang mengandung banyak minyak juga dapat memicu timbulnya jerawat, seperti gorengan dan kue.

Lalu, jerawat ini dapat menjadi lebih parah jika mengalami keadaan seperti di bawah ini:

Perawatan Untuk Mengatasi Jerawat

Dilansir dari Halodoc (30/10), dalam mengatasi jerawat perlu dilakukannya beberapa cara yang cukup sulit. Seperti penggunaan produk kecantikan hingga obat-obatan. Namun, cara menghilangkan bekas jerawat pun cukup menyulitkan. Berikut langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut.

1. Campuran Sari Lemon dan Madu

Karena mengoleskan lemon secara langsung tidak baik untuk kesehatan kulit terutama wajah, maka sebaiknya menggunakan campuran madu. Sebelum diaplikasikan ke wajah, cuci muka terlebih dahulu, lalu oleskan campuran perasan lemon dengan madu. Tunggu selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

2. Cuka Apel

Pada dasarnya, cuka apel baik untuk kesehatan wajah. Sifat cuka apel ini dapat mencerahkan kulit dan meratakan pigmentasi sehingga anda tidak akan khawatir memiliki wajah yang belang.
Cara menggunakannya pun cukup mudah, dengan mencampurkan cuka apel dan air dalam perbandingan yang sama, lalu mengaplikasikannya ke wajah dan tunggu selama 5 menit atau sampai meresap. Baru dapat dibilas menggunakan air hangat.

3. Lidah Buaya

Selain baik untuk bekas luka, lidah buaya dapat digunakan untuk memperbaiki masalah kulit. Caranya cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah dan menunggunya hingga kering sebelum mencuci muka. Gel lidah buaya ini dapat mencerahkan kulit sekaligus melembabkan kulit dengan baik.

Mencegah Jerawat Kembali Lagi

Untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencegahnya datang kembali, anda bisa menggunakan cara-cara seperti di bawah ini.

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Dalam sehari, membersihkan wajah perlu dilakukan setidaknya dua kali. Anda juga diharuskan memakai sabun cuci muka yang cocok untuk mengatasi gejala-gejala jerawat ataupun mengatasi jerawat agar tidak berkembang semakin parah.

2. Menghidrasi Kulit
Untuk cara menghidrasi kulit cukup mudah, anda harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Cara ini terbukti dapat menghidrasi kulit secara tidak langsung.

3. Menjaga Pola Makan Tetap Seimbang

Untuk mengatasi jerawat, perlu mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan. Sayuran ini memiliki ciri-ciri warna cerah, macam paprika dan bayam. Selain dikonsumsi sebagai makanan, sejumlah sayur dan buah-buahan dapat digunakan sebagai masker untuk mengobati jerawat, seperti timun, tomat, alpukat, dan lemon.

4. Mengurangi Stres

Stres menjadi pemicu timbulnya jerawat dan dapat memperparah jerawat. Stres juga menimbulkan kerutan pada wajah. Oleh karena itu, kurangi stres dengan cara berolahraga atau yang lainnya supaya tidak menimbulkan jerawat.

Untuk mengatasi jerawat pada wajah, anda bisa menggunakan masker wajah dan produk kecantikan, tetapi keduanya kurang menjamin dan perlu melakukan penyesuaian terhadap kulit wajah dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu, pastikan perawatan yang anda ambil tidak membuat jerawat semakin parah. Jika telah menggunakan cara-cara di atas dan tidak kunjung pulih, segera hubungi dokter.

Exit mobile version