Kini Twitter Mempunyai Fitur Baru untuk Kontrol Mention Tweet Twitter

Mention Tweet Twitter

(Gambar : Pixabay)

Kini Twitter telah memberikan kontrol yang lebih besar untuk penggunanya. Fitur baru untuk kontrol mention tweet twitter ini telah ada sejak 11 Agustus 2020 kemarin. Twitter telah meluncurkan fitur barunya berupa moderasi yang bisa memungkinkan penggunanya untuk bisa membatasi seberapa banyak orang yang dapat membalas setiap tweet mereka.

Dilansir dari detik Net, Reuter mengatakan bahwa semua akun, termasuk juga untuk pejabat, mereka bisa mengontrol siapa saja yang diizinkan untuk membalas tweet mereka.

Dilansir dari Tirto, Suzanne Xie, seorang Manajemen Produk Twitter mengatakan bahwa tweet adalah sebuah representasi dari penggunanya. Itulah mengapa pihaknya melakukan sebuah uji coba untuk membatasi fitur percakapan. Salah satu faktor yang membuat dimunculkannya fitur ini adalah untuk kenyamanan pengguna itu sendiri.

Ada beberapa pilihan yang ditawarkan untuk pembatasan percakapan pada sebuah Tweet yaitu people you follow, everyone, dan only people.

Opsi people you follow berarti pengguna mengontrol tweetnya hanya untuk bisa dibalas oleh orang-orang yang mereka follow. Opsi everyone berarti, semua pengguna twitter bisa membalas tweet yang di tuliskan dan only people berarti pengguna bisa mengontrol secara lebih khusus lagi siapa saja yang bisa membalas tweet mereka. Untuk fitur only people pengguna bisa memilihnya secara manual sehingga hanya akan mencakup kepada orang-orang yang benar-benar khusus dan penting saja.

Sebelumnya, tidak ada opsi untuk mengontrol mention Twitter, karena tidak adanya opsi tersebut, semua pengguna Twitter bisa membalas Tweet dari siapapun. Di beberapa situasi, mungkin ini menguntungkan Namun, tak jarang juga malah menimbulkan dampak buruk kepada si pemilik Tweet.

Munculnya fitur-fitur tersebut membuat pengguna Twitter menjadi lebih baik lagi dalam melakukan percakapan. Fitur-fitur tersebut bisa membatasi keterpaparan percakapan oleh pihak luar yang bisa menimbulkan dampak buruk untuk pemilik Tweet.

Jika pengguna ingin melakukan kontrol untuk fitur baru tersebut, pengguna bisa mengetuk ikon tweet yang biasa digunakan untuk membuat tweet baru, lalu di sebelah kiri bawah terdapat ikon gambar globe, yang mana ikon globe tersebut adalah pengaturan default untuk everyone, jadi semua orang bisa membalas Tweet yang dikirim. Jika ingin mengubahnya, pengguna bisa mengetuknya lalu memilih sesuai kehendaknya, apakah memilih everyone dengan ikon globe, people you follow yang di lambangkan dengan ikon tiga orang atau only people you mention yang memiliki ikon ‘@’.

Perlu diingat, fitur tersebut hanya mention untuk orang yang tidak ditargetkan, sehingga orang yang tidak ditargetkan tersebut masih bisa melakukan like, dan retweet meskipun tidak bisa melakukan reply.

Dilansir dari Tirto, setelah dilakukan pengujian pada bulan Mei, fitur tersebut terbukti bisa menambah kenyamanan pengguna. Dengan fitur baru ini, seseorang bisa terhindar dari spam, dan iklan, serta penyalahgunaan yang tidak diinginkan dan mengganggu.

Ketika uji coba, didapatkan sebuah data yang menyatakan bahwa 60 persen pengguna tidak melakukan blokir terhadap beberapa akun.

Dengan dirilisnya fitur baru ini, Juru Bicara Twitter berharap supaya pengguna bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa mendukung seseorang untuk bisa lebih berbagi sudut pandang.

Fitur ini diberikan hanya untuk sekelompok orang yang terbatas secara global di Twitter versi iOS dan Android. Untuk Twitter versi web, fitur untuk membatasi percakapan tersebut belum disematkan.

Exit mobile version