Kumpulan Lomba 17 Agustus Lucu dan Unik di Era New Normal

Kumpulan Lomba 17 Agustus Lucu

(Gambar : Kompas.com)

75 Tahun sudah Indonesia merdeka berkat perjuangan-perjuangan para pahlawan di masanya. Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan Kemerdekaannya yang dibacakan oleh Ir. Soekarno.

Untuk menghormati jasa para pahlawan, pada tanggal tersebut rutin dilakukan hari perayaan kemerdekaan setiap tahunnya. Berbagai daerah di Indonesia memiliki perbedaan – perbedaan dalam merayakan kemerdekaan Indonesia.

Biasanya, ketika sudah memasuki hari kemerdekaan, setiap daerah akan mengadakan berbagai kegiatan, lomba atau kompetisi untuk memeriahkan daerah setempat.

Tradisi yang sering dilakukan adalah upacara bendera dan membuat panggung besar untuk berpesta. Tradisi tersebut hampir tidak pernah gagal setiap tahunnya dan selalu ada.

Di era New Normal ini, kita memang sedang disarankan untuk menjauhi kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan setiap saat. Jadi, untuk kegiatan semacam tradisi-tradisi tersebut yang menimbulkan kerumunan massa, memanglah dianjurkan untuk ditunda lebih dulu.

Hal tersebut menyebabkan beberapa orang di daerah memutuskan untuk tidak merayakan hari kemerdekaan ini dengan berbagai lomba atau kompetisi. Padahal, sebenarnya masyarakat tetap bisa mengadakan lomba-lomba untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan menaati protokol kesehatan.

Dilansir dari travel.detik, Senin, 17/8, berikut adalah beberapa lomba 17 agustus lucu dan unik yang bisa diterapkan di era New Normal.

1. Lomba Video Kreatif

Dengan adanya lomba video kreatif ini, masyarakat Indonesia bisa mengeksplore lebih dalam lagi soal bakat,minat, dan hobi yang mereka minati, khususnya untuk para generasi milenial.

Selain itu, lomba semacam ini juga tidak memerlukan pertemuan langsung. Panitia bisa memberikan ketentuan terkait konsep video yang akan dibuat. Lalu pemenangnya dipilih berdasarkan hasil paling menarik berdasarkan konsep kemerdekaan. Peserta bisa mengupload video tersebut ke Youtube atau Instagram dengan ketentuan keyword atau hashtag tertentu.

2. Lomba Tebak Bibir Online

Lomba ini bisa dilakukan tanpa pertemuan langsung. Konsepnya adalah peserta peserta melakukan pertemuan online lalu mengucapkan kalimat-kalimat yang telah ditentukan oleh panitia untuk ditebak oleh peserta lainnya.

3. Lomba Turnamen Game Online

Game Online adalah salah satu permainan yang paling banyak digemari oleh generasi millenial.  Turnamen game semacam ini belum pernah ada sebelumnya untuk merayakan hari kemerdekaan.

Namun, turnamen lomba seperti ini sangatlah pas diterapkan di era New Normal.

4. Lomba Cuci Tangan untuk Anak – Anak

Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk berjaga jarak dan mengikuti protokol kebersihan, cuci tangan haruslah sudah mulai menjadi kebiasaan.

Untuk anak kecil, tampaknya sedikit susah untuk menyuruh mereka  cuci tangan, maka dari itu, diadakanlah lomba dengan hadiah yang menarik supaya anak bisa menjadi lebih tertarik.

5. Menghias Masker

Masker sudah menjadi aksesoris wajib yang digunakan saat New Normal, supaya lebih menarik lagi pengguna bisa menghias masker tersebut berdasarkan kreativitas mereka masing – masing.

Konsep seru ini bisa menjadi bahan ide untuk lomba 17 agustus yang lucu di era New Normal.

6. Lomba Menulis

Lomba menulis sangat bagus untuk mengasah keterampilan anak-anak dalam Negeri. Untuk merayakan kemerdekaan, panitia bisa mengangkat konsep kemerdekaan sebagai topik utama. Bentuk tulisan yang disajikan bisa berupa puisi, cerpen, resensi buku dan lain-lain

Itulah beberapa lomba 17 Agustus lucu, unik dan menarik namun tetap tidak mengabaikan protokol kesehatan. Daftar lomba di atas bisa menjadi referensi bagi masyarakat yang hendak mengadakan lomba untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.

Exit mobile version