Kuota PLN Gratis dan Cara Mendapatkannya

Foto : kupang.tribunnews.com

Kabar terbaru dari datang pemerintah yang akan melanjutkan program stimulus Covid-19 yang memberikan kuota PLN gratis hingga 31 Desember 2020. Program dari Pemerintah ini diberikan untuk pelanggan yang menggunakan listrik 450 VA. Sedangkan Pelanggan 900 VA akan mendapatkan total diskon 50%.
Untuk pelanggan pascabayar listrik gratis maupun pelanggan yang mendapat diskon maka otomatis akan langsung diberikan kepada tagihan listrik pascabayar. Informasi ini didapatkan melalui instagram PLN, Bahwa bagi pelanggan prabayar Kuota listrik gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir.

Token listrik gratis 100% juga diberikan kepada UMKM dan bagi pelanggan bisnis kecil yang menggunakan 450 VA serta pelanggan industri kecil yang menggunakan 450 VA. Sama seperti Pelanggan lainnya, bantuan untuk UMKM, pelanggan bisnis kecil dan pelanggan industri kecil pasca bayar akan mendapatkan bantuan ini langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan.

Sedangkan untuk pelanggan prabayar atau yang menggunakan sistem token, maka besar bantuan yang diperolehnya akan hitung berdasarkan rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara bulan januari sampai bulan maret 2020. Simak bagaimana cara mendapatkan kuota pln gratis langsung dari website PLN :
Pertama, akses terlebih dahulu situs resmi PLN www.pln.co.id dan klik pada pilihan stimulus Covid-19 (token listrik gratis). Kedua, Isilah ID Pelanggan atau Nomor meter milik anda dengan benar pada kolom pencarian dan identitas pelanggan pada layar. Ketiga, Token listrik akan muncul pada kolom keterangan.

Jika token listrik berhasil didapatkan dapat dimasukkan ke kWh meter yang sesuai dengan ID Pelanggan atau nomor meteran. Selain anda bisa mendapatkannya via website PLN, Anda juga bisa mengaksesnya via whatsapp dengan cara berikut ini :

Pertama, hubungi PLN terlebih dulu via whatsapp melalui nomornya 08122123123. Kedua, chat pada nomor tersebut dan ikuti petunjuk yang diminta lalu masukkan ID pelanggan atau nomor meter dengan benar. Ketiga, Jika sudah benar maka Token listrik akan tampil pada layar dan token listrik yang berhasil didapatkan bisa langsung memasukkan angka token tersebut ke kWh yang sesuai dengan ID pelanggan atau nomor meter.

Adapun tujuan diberikannya subsidi listrik gratis ini kepada pelanggan PLN adalah untuk meringankan beban masyarakat dari tekanan ekonomi yang tengah melanda akibat pandemi Covid-19 sebagai salah satu serangkaian rencana pemerintah dalam menggerakkan laju ekonomi nasional yang sekarang ini sedang lesu. Bantuan subsidi listrik gratis ini tidak akan diberikan ke semua pelanggan PLN.

Subsidi listrik gratis hanya akan dinikmati oleh sekitar 24,16 juta pelanggan PLN di Indonesia. Kuota tersebut sudah ditentukan oleh pemerintah sebagai ketentuan dalam pembagian kuota listrik gratis yang diperuntukkan oleh pelanggan dengan beberapa syarat. Salah satu syaratnya adalah pelanggan dengan kapasitas listrik rumah tangga mencapai 450 VA yang terdata sebagai pelanggan PLN .

Yang dimaksud dengan pelanggan yang memakai listrik dengan berkapasitas 450 VA akan mendapat subsidi listrik gratis adalah pelanggan dengan golongan RT1/450 VA dan R1T/450 VA. Ketentuan berikutnya adalah pelanggan golongan R1/900 VA dan R1T 900 VA yang tercatat dalam data pelanggan PLN dengan jumlah 7,72 juta pelanggan masih mendapatkan diskon tarif 50%.

Sementara itu untuk pelanggan PLN yang menggunakan listrik berkapasitas 900 VA dengan golongan R1M/900 VA dan R1MT 900 VA tidak mendapatkan keringanan diskon listrik. Hal ini dikarenakan pelanggan dengan kapasitas 900 VA dengan golongan R1M/900 VA dan R1MT 900 VA dikategorikan pelanggan yang mampu (R1M) sedangkan R1MT merupakan pelanggan listrik prabayar.

Jika anda sudah memenuhi ketentuan dan syarat di atas segera daftarkan ID pelanggan atau nomor meter melalui via website atau whatsapp.

Exit mobile version