Makin Canggih, Inilah Fitur Baru Whatsapp yang Sangat Berguna

Foto : portaljember.pikiran-rakyat.com

Sekarang whatsapp menjadi aplikasi yang dimiliki semua orang. Hal ini membuat whatsapp selalu meningkatkan pelayanannya dalam hal fitur. Ingin menghadirkan pembaruan guna memanjakan penggunanya, Whatsapp pun meluncurkan fitur-fitur terbaru, salah satunya adalah Advanced Search Mode. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pencarian file dengan lebih spesifik. Fitur ini akan memungkinkan para pengguna dapat mencari file media foto,video,GIF,audio,URL dan dokumen di dalam chat.

Semakin mudah dalam mencari file-file yang penting, keberadaan fitur ini memang masih dalam tahap pengembangan untuk android sedangkan untuk IOs sudah tersedia dalam versi Beta.  WABetainfo melihat fitur terbaru dari whatsapp sudah didaftarkan ke program beta Google Play Store untuk versi 2.20.117. Mereka sudah melihat bagaimana bentuk dan cara kerja fitur ini. Belum diketahui kapan akan diluncurkan secara resmi oleh pihak whatsapp namun kehadiran fitur baru ini akan lebih spesifik sehingga sangat membantu anda, berbeda dari pencarian whatsApp versi lama hanya mengandalkan teks saja.

Fitur baru Whatsapp ini yaitu advanced search mode akan memberi pengalaman yang baru bagi dalam hal pencarian serta melindungi data dan percakapan mereka dengan backup di google drive menggunakan password. Pengguna tidak perlu khawatir karena password ini tidak akan disimpan google drive atau server facebook atau whatsapp. Namun, hal ini sangat beresiko, karena jika pengguna lupa password untuk backup tersebut bisa dipastikan anda tidak akan bisa mengakses data di dalamnya kembali.

Selain fitur Advanced Search Mode, Pengguna Whatsapp harus kembali bersiap dengan fitur baru lainnya yaitu “Expiring Media”. Dalam fitur ini akan membuat kiriman foto dan video di whatsapp (WA) terhapus otomatis setelah keluar dari chat tersebut. Tidak hanya data foto dan video, fitur expiring ini juga akan menghapus konten media seperti animasi GIF secara otomatis. Keberadaan fitur ini diungkapkan langsung dari situs WABetaInfo bahwa whatsapp akan menambahkan ke aplikasi beta versi 2.20.201.1. Hal ini nanti membuat fitur tersebut dapat diaktifkan lewat tombol khusus di kolom penulisan caption untuk gambar yang hendak dikirim.

Data berupa foto maupun video yang terkirim kemudian akan terhapus secara otomatis. Cara kerja fitur Expiring media ini adalah akan terhapus saat lawan bicara meninggalkan jendela chat setelah melihatnya. Sudah ada sebuah penanda khusus untuk dibubuhkan ke gambar untuk memberitahukan penerima media bahwa data tersebut akan langsung terhapus.

Sempat disebutkan pula bahwa tidak akan ada opsi timer untuk waktu penghapusan, Sebab data foto atau video akan benar-benar hilang tanpa jejak saat anda keluar dari chat tersebut. Jika diperhatikan didalam fitur lama whatsapp akan ada pemberitahuan seperti “This Media is Expired” seperti jika pesan dihapus secara manual. Namun dalam versi terbaru ini benar-benar tidak ada nada pemberitahuan seperti itu.

Mekanisme fitur terbaru ini mirip dengan fitur yang ada di instagram. Hanya saja konten yang terhapus secara otomatis di instagram berlaku untuk percakapan di grup. Sementara Fitur Expiring Media whatsapp ini berlaku untuk percakapan pribadi. Masih belum dipastikan kapan fitur Expiring media ini akan mulai di update ke aplikasi whatsapp.

Namun, diketahui bahwa bulan lalu pihak Whatsapp juga sedang menyiapkan “Expiring Messages”. Expiring Messages ini merupakan layanan pesan instan dimana fitur didalamnya membuat pesan teks bisa terhapus otomatis sesudah jangka waktu tertentu. Jadi, pesan akan hilang tanpa jejak sama seperti fitur expiring media tersebut.

 

Exit mobile version