Masih Bingung? Simak Cara Login prakerja.go.id Berikut Ini

Foto : berita.teknologi.id

Cara login prakerja.go.id terkadang masih dianggap sulit bagi para pendaftar. Hal ini bisa dikarenakan karena pendaftar belum memahami cara login pada website prakerja. Di samping itu, para pendaftar dari prakerja juga merasa kebingungan karena tidak mengetahui tahapan login yang benar. Sebelum login pada prakerja.go.id alangkah baiknya peserta juga memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Persyaratan Pendaftaran Prakerja

Ketentuan dan persyaratan pendaftaran bagi para peserta yang akan mengikuti seleksi penerima kartu prakerja sebenarnya tidak sulit. Hal ini disesuaikan dengan tujuan kartu prakerja yang mempunyai sasaran untuk menjangkau para usia produktif dan belum memiliki pekerjaan. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika mendaftar prakerja.

Orang yang berhak mendaftar kartu prakerja adalah penduduk dengan kewarganegaraan Indonesia. Hal ini nantinya akan dibutuhkan dengan foto Kartu Tanda Penduduk yang harus di scan.

Pendaftar dari prakerja dibatasi usianya, yaitu minimal 18 tahun saat mendaftar. Nantinya usia dari pendaftar ini akan dicek sesuai dengan bukti KTP yang sudah di scan saat melakukan pendaftaran

Prakerja ditujukan untuk pendaftar yang ingin menambah skill agar siap memasuki dunia kerja. Oleh sebab itu, prakerja tidak diperuntukkan bagi pelajar atau orang yang masih menempuh pendidikan formal.

Persyaratan pendaftaran berupa Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga sebaiknya disiapkan terlebih dahulu. Peserta bisa berjaga-jaga untuk memfoto KTP terlebih dahulu untuk nantinya memudahkan ketika harus upload foto. Persiapan persyaratan berupa Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga juga bertujuan untuk mempermudah peserta melihat nomor NIK dan KK.

Cara Login Website Prakerja

Tahapan pertama yang harus dilakukan untuk bisa login secara bebas di website prakerja adalah dengan membuat akun. Caranya adalah dengan membuka laman resmi prakerja.go.id. Selanjutnya pendaftar harus memilih menu daftar sekarang. Setelah memilih menu tersebut, pendaftar bisa memasukkan email baru dan kata sandi yang berjumlah 8 karakter .

Cek email yang digunakan untuk mendaftar akun untuk menerima konfirmasi bahwa pendaftaran akun telah berhasil. Berikutnya lakukan verifikasi email dan kembali ke website prakerja.go.id setelah tahapan ini berhasil dilakukan.

Cara berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri pada program prakerja. Lakukan login akun dengan cara memasukkan email dan password yang sebelumnya sudah daftar. Selanjutnya isi kolom bagian verifikasi KTP sesuai data yang ada pada kartu tanda penduduk, meliputi Nomor Induk Kependudukan, nomor KK, dan tanggal lahir.

Tahapan berikutnya adalah lengkapi data diri lainnya sesuai dengan KTP dan unggah foto. Selanjutnya masukkan nomor telepon yang aktif dan klik kirim. Kemudian pendaftar akan menerima SMS berupa kode OTP dan dikirimkan pada nomor yang sudah didaftarkan. Klik verifikasi pada SMS OTP dan lanjutkan dengan mengisi surat pernyataan pendaftar, lalu klik ‘OK’.

Langkah terakhir yang harus dilakukan untuk melengkapi tahapan pendaftaran prakerja adalah dengan mengikuti tes. Materi yang akan diujikan ini seputar kemampuan dasar dari pendaftar guna mencari tahu mengenai pengetahuan peserta. Jumlah soal yang harus dikerjakan tidak terlalu banyak, yaitu sekitar 20 pertanyaan saja.

Apabila sudah menyelesaikan tes, pendaftar diharapkan menunggu sekitar beberapa menit guna mengetahui evaluasi hasil pengerjaan soal. Selanjutnya pendaftar bisa memilih gelombang yang akan diikuti dan menyesuaikannya dengan domisili. Tahapan terakhir adalah melakukan klik “Gabung Sekarang” untuk menyelesaikan pendaftaran.

Exit mobile version