Mau Dapat Token Listrik Gratis Januari dari Pemerintah? Ini Cara Mendapatkanya

Token Listrik Gratis Januari

Foto : indonesia.go.id

PT PLN atau Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengeluarkan dana sebesar 32 juta untuk memperpanjang program token listrik gratis sebagai upaya meringankan biaya listrik masyarakat. Seluruh pelanggan yang mendapatkan bantuan ini atau mendapatkan diskon sudah otomatis dimasukkan dalam sistem sejak pemberian program token listrik gratis Covid-19 sebelumnya.

Beberapa golongan yang berhak mendapatkan token listrik di bulan Januari ini adalah Pelanggan rumah tangga yang memiliki daya 450 VA akan mendapatkan diskon 100 persen, untuk yang mencapai daya 900 VA bersubsidi akan mendapatkan diskon 50 persen, dan khusus industri daya dan pelanggan bisnis 450 VA akan diberikan diskon 100 persen. Dengan catatan semua pelanggan harus sudah terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial di kementerian sosial.

Pelanggan yang sudah terdaftar dalam Token Listrik gratis akan langsung masuk ke dalam tagihan masing-masing untuk pelanggan pasca bayar sedangkan untuk pelanggan yang menggunakan sistem token (Prabayar), besaran bantuan yang diberikan masih sama dengan bantuan di tahun 2020. Token Listrik Gratis dan diskon akan berlaku mulai dari 7 Januari 2021 sampai akhir bulan Maret 2021 bulan depan.

Untuk mendapatkan Token Listrik Gratis Januari dari pemerintah ada tiga cara yaitu pertama melalui website resmi PLN, WhatsApp dan Aplikasi PLN Mobile. Jika menggunakan Website resmi PLN, maka pertama Anda harus mencari datanya di laman web resmi PLN yaitu www.pln.co.id. Kemudian Pilihlah menu stimulus Covid-19 (Token Gratis atau diskon)  dan Masukkan ID pelanggan Anda.

Selain menggunakan website resmi PLN, Anda juga bisa langsung mengakses link stimulus.pln.co.id dan mengisi ID Pelanggan Anda. Cara yang kedua and juga bisa melalui WhatsApp dengan menghubungi nomor 08122-123-123 maka nanti akan muncul balasan otomatis dari PLN yang menginfokan tentang Token listrik gratis ini. Ikuti perintah dalam pesan dengan mengetik 1 untuk Info token listrik dan diskon stimulus Covid-19. Setelah itu, PLN akan meminta menuliskan ID Pelanggan atau nomor kWh Anda. Jika ID Meteran sudah sesuai syarat maka token listrik bisa langsung digunakan. 

Namun, jika ID Meteran tidak memenuhi syarat maka akan mendapatkan balasan pesan dari pihak PLN yang menyatakan permintaan Anda ditolak. Cara mendapatkan Token Listrik Gratis dapat juga melalui Aplikasi PLN Mobile dengan mendownloadnya terlebih dahulu yang sudah tersedia di Google Playstore. Jika sudah, pilihlah bagian info & promo lalu klik “PLN Peduli Covid-19”. Setelah itu pelanggan tinggal memasukkan Nomor meter listriknya dan token gratis akan muncul dan siap digunakan. 

Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan menstimulasi para pengusaha di awal tahun 2021 setelah Covid ini. Bob Saril selaku Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN menjelaskan bahwa “sistem dari PLN sudah siap untuk kembali menyalurkan bantuan dan ini sifatnya perpanjangan. Pihak PLN optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik sampai Maret 2021 nanti”.

Pihak PLN Berharap bantuan ini merata sampai menjangkau daerah terpencil. Untuk itu PLN bersama dengan perangkat pemerintah setingkat kecamatan/desa atau kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima seluruh masyarakat Indonesia. 

Total penerima bantuan stimulus dengan jumlah pelanggan rumah tangga 450 VA sebanyak 24,16 pelanggan dan Jumlah pelanggan 900 VA bersubsidi sebanyak 7,87 pelanggan. Selain itu, jumlah penerima token gratis untuk pelanggan bisnis kecil dan industri kecil sekitar kurang lebih 459 ribu pelanggan. Pihak PLN berharap dengan adanya Token Gratis ini akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat yang sedang kesusahan.

 

Exit mobile version