Menarik! Desain Facebook Klasik Akan Diganti

Desain Facebook Klasik Akan Diganti Baru

Gambar : Pixabay

Baru-Baru ini Facebook merilis desain baru yang akan dikeluarkannya. Lalu bagaimana dengan desain klasik yang sudah lama ada ? Desain Facebook klasik yang memiliki nuansa warna biru di bagian bar navigasi yang ada di atas halaman facebook ini rencananya akan dihilangkan secara permanen pada Bulan September. Sebelumnya, memang pengguna facebook masih diberi pilihan untuk mengatur sendiri desain yang diinginkan.

Jika pengguna lebih suka desain klasik maka akan mengklik pada bagian “switch to classic facebook” namun jika ingin menggunakan desain baru tinggal menggantinya saja dengan mengklik “switch to new facebook”. Namun, Setelah bulan September 2020 nanti pengguna tidak akan lagi diberikan pilihan untuk memakai desain lama. Keputusan untuk menghilangkan pilihan tersebut agar  mengarahkan pengguna untuk menggunakan desain baru yang sudah ditetapkan.

Ketika kalian mengklik “switch to new facebook” maka secara bersamaan akan muncul tampilan facebook baru di layar kalian dan akan muncul mula pesan selamat datang atau welcome message. Desain baru dari facebook ini akan menampilkan elemen UI yang lebih besar, sudut yang lebih bulat, tampilan lebih bersih dan teks di dalamnya berukuran lebih besar ini  merupakan perubahan yang lebih modern dan mengikuti zaman.

Kita tahu bahwa pengguna facebook tidak hanya dari kalangan orang tua dan dewasa, Tetapi juga dari kalangan anak anak. Teknologi zaman sekarang yang berkembang sangat pesat membuat remaja bahkan anak yang tergolong masih kecil sudah mempunyai akun facebook. Desain yang baru mungkin akan disukai remaja atau anak kecil. Namun pengguna lama facebook seperti orang tua akan menyukai desain facebook klasik.

Pengguna facebook lama yang rata-rata adalah Orang tua memang biasanya lebih menyukai latar yang bernuansa biru klasik seperti desain klasik facebook. Wajar apabila pengguna lama ini akan membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan desain baru ini. Pihak Facebook mengumumkan tampilan barunya pada konferensi pengembang facebook pada tahun lalu, Kemudian perusahaan mulai menggulirkan pembaruan untuk desain itu pada aplikasi facebook baik di IOS dan Android.

Banyak sekali alasan mengapa facebook ingin mengganti tampilan layar desktopnya ini. Tampilan media antarmuka ini menjadi perubahan besar yang pernah dibuat oleh facebook. Desain barunya dibuat jauh lebih bersih berkat penggunaan warna putih yang lebih dominan. Selain itu, Pihak Facebook juga mengusung tema dark mode untuk pengguna yang membutuhkannya. Jadi pengguna bisa langsung mengaktifkan jika ingin menggunakannya saat ingin meringankan beban pandangan sata menatap cahaya layar monitor yang biasanya terlalu terang.

Dilihat dari fungsinya, tampilannya lebih menghadirkan fokus yang lebih besar pada fitur group serta memudahkan pengguna melihat bagian facebook watch, market dan gaming pada bagian navigasi atas. Jika dibandingkan pada tampilan sebelumnya yang terlihat berantakan, tampilan baru facebook ini akan lebih efisien dan membantu penggunanya menemukan berbagai fitur utama yang ingin dicarinya.

Dilansir dari liputan6, Desain baru ini sudah mulai disebar untuk pengguna desktop sebagai fitur pilihan sejak Maret 2020. Fitur pilihan yang dimaksud sudah dijelaskan di atas bahwa pengguna bisa memakai desain facebook baru atau memilih tetap memakai desain facebook klasik. Baru saat September 2020 facebook secara permanen menghilangkan desain klasik. Diharapkan memang desain yang baru ini akan terlihat lebih rapi dan memudahkan para pengguna.

Exit mobile version