Menikmati Hari Libur, Inilah Daftar Wisata Religi Islam Yang Ramai Dikunjungi

Foto : indonesiatraveler.id

Pada Tanggal 28-30 Oktober kemarin merupakan tanggal merah yang termasuk libur panjang nasional memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam momen libur nasional ini, sering kali dijadikan waktu untuk masyarakat berlibur. Banyak tempat wisata religi yang bisa dikunjungi oleh para turis lokal dan keluarga untuk menikmati suasana liburan.

Wisata di Indonesia ini memiliki banyak tempat asyik untuk dijelajahi bersama dengan keluarga sambil melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Wisata alam, dataran tinggi, taman kota sampai deretan pantai bisa menjadi tujuan wisata para wisatawan. Beberapa wisata religi di kota besar ini sering ramai dikunjungi oleh para wisatawan, Terlebih lagi saat perayaan maulid nabi.

Berikut beberapa tempat wisata religi islam yang ramai dikunjungi :

1. Keraton Kanoman, Cirebon

Untuk masyarakat Cirebon dan Jakarta pasti sudah tidak asing lagi. Wisata yang tidak butuh waktu lama dari Jakarta ini menjadi salah satu destinasi laris saat ini. Selama peringatan Maulid Nabi tempat Keraton Kanoman ini tetap ramai dan banyak didatangi wisatawan dari berbagai daerah.

Wisata Keraton Kanoman ini memiliki acara sakral yang disebut Panjang Jimat. Tidak hanya acara sakral tersebut, Biasanya wisatawan juga diajak untuk menyaksikan bagaimana benda-benda milik keraton kanoman.

2. Malioboro, Yogyakarta

Kawasan Malioboro yang berada mulai dari selatan pintu KA Stasiun Tugu Yogyakarta hingga sekitar pasar Beringharjo dan Benteng Vredeburg dan titik nol kilometer. Memiliki Kawasan yang Sangat luas sehingga bisa kamu jelajahi sambil berjalan kaki dari ujung ke ujung. Tidak hanya menikmati suasana yang indah di jogja, anda juga bisa sambil berbelanja aneka macam kain batik, macam souvenir atau oleh oleh lainnya.

3. Wisata Pantai Lampuuk, Aceh Besar

Salah satu wisata pantai di aceh ini sering menjadi langganan destinasi para wisatawan apalagi saat Hari maulid nabi. Objek wisata pantai lampuuk ini termasuk tempat wisata yang diminati banyak orang, terdapat banyak pondok kuliner yang menyajikan aneka pilihan menu untuk dinikmati oleh pengunjung.

Tradisi Maulid ini memang sudah menjadi agenda rutin tahunan yang dilakuka oleh komunitas pedagang di pantai itu. Peringatan maulid juga dilaksanakan di tingkat kemukiman yang berpusat di Masjid Lampuuk. Tradisi ini akan tetap dipertahankan oleh masyarakat kecamatan Lhoknga, Aceh Besar.

4. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Wisata ini sudah banyak dikenal orang, mulai dari wisatawan lokal sampai mancanegara. Pasar Beringharjo ini juga merupakan pasar tertua selama Yogyakarta berdiri. Bahkan pasar ini memiliki usia yang tidak jauh berbeda dengan usia Keraton Yogyakarta. Pasar Beringharjo menjual berbagai macam kain batik, aneka produk kerajinan dan souvenir yang cocok untuk oleh oleh.

Tidak hanya menjadi pusat mencari oleh-oleh, Pasar Beringharjo ini juga memiliki macam-macam kuliner yang wajib kamu coba. Mulai dari kuliner mbak galak, sate kambing Mak Sum, keripik paru dan Soto Bu Yati. Jam buka Pasar Veringharjo mulai pukul 08.000 Wib.

5. Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Objek wisata yang berada di jawa barat ini sering ramai dikunjungi oleh para wisawatan lokal menjelang libur panjang dan cuti bersama. Pantai pangandaran menjadi destinasi yang selalu mengalami lonjakan pengunjung untuk berwisata ke pantai saat libur panjang.

Sejumlah hotel maupun penginapan di dekat pantai pangandaran pasti selalu ramai dan penuh. Pantai Pangandaran ini menjadi tempat yang favorit untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati dentuman ombak atau sekedar bermain pasir dan berjemur diri.

Walaupun Kelima tempat wisata diatas tetap dibuka, semua tempat wisata tersebut tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan untuk menghindari virus Covid-19.

Exit mobile version