Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Mulai Dibuka

Kartu Prakerja Gelombang 12

Foto : kendalku.pikiran-rakyat.com

Saat masa pandemi covid-19, Pemerintah terus menghadirkan Program Kartu Prakerja yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Pendaftaran Program kartu prakerja telah mencapai gelombang 12 dan telah dibuka kemarin Pada hari Selasa tanggal 23 Februari 2021. Para pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12 sudah dapat mengakses laman www.prakerja.go.id.

Program ini terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia 18 tahun keatas yang tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Peserta yang berhasil mendapatkan kartu prakerja diberi insentif sesuai dengan ketentuan yang berlaku misalnya bantuan pelatihan Rp 1 juta, dana insentif saat pengisian 3 survei evaluasi sebesar Rp 50.000 setiap survey dengan total Rp 150.000 dan dana insentif sesudah pelatihan sebesar Rp 600.000 selama empat bulan dengan total Rp 2.400.000.

Diketahui juga bahwa total kuota semester I yangtersedia pada program kartu prakerja tahun 2021 ini adalah sebesar 2,7 juta orang dan kuota peserta pada gelombang 12 sebanyak 600.000 orang. Namun, setiap KK maksimalnya hanya diperbolehkan untuk 2 anggota keluarga yang mendaftar dan menjadi penerima Kartu Prakerja.

Pemerintah juga sudah menyiapkan lebih dari 1.700 pelatihan dari 154 Lembaga Pelatihan yang dapat diakses melalui 7 platform digital yang nantinya dapat digunakan oleh penerima program kartu prakerja.

Sebelum mendaftar pastikan anda telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, Seperti : berusia 18 tahun ke atas, merupakan WNI, wirausaha, pencari kerja atau sedang menganggur baik dari lulusan baru maupun terkena program phk, termasuk pekerja buruh atau karyawan, keadaan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, bukan termasuk anggota TNI/Polri, DPR, maupun BUMN dan pihak lain yang diatur dalam Permenko 11/2020 dan juga bukan penerima bansos kemensos (DTKS),BSU,BPUM serta belum pernah menjadi penerima kartu prakerja tahun sebelumnya.

Untuk anda yang belum tau cara pendaftarannya, Berikut ini Langkah-langkah mendaftar kartu prakerja gelombang 12 secara online :

1. Masuk ke situs www.prakerja.go.id dan klik menu untuk membuat akun.
2. Isilah alamat email dan kata sandi lalu cek email yang masuk dari akun prakerja
3. Ikutilah petunjuk untuk konfirmasi akun email. Setelah konfirmasi berhasil maka kembalilah ke situs prakerja.
4. Masuk ke situs prakerja yang sama dengan langkah pertama, lalu login akun prakerja yang sudah anda buat dengan memasukkan alamat email dan kata sandi
5. Setelah itu, anda akan diminta untuk verifikasi KTP, mengisi data diri anda dan nomor hp.
6. Masukkan Nomor KTP,nomor kartu keluarga lalu klik lanjutkan
7. Jika sudah, maka akan muncul formulir kartu prakerja untuk mengisi data diri anda sesuai dengan identitas di KTP . Biasanya anda akan disuruh mengisi alamat domisili, alamat tempat tinggal, alamat email anda, status pekerjaan terbaru, pendidikan, foto selfie dengan KTP dengan posisi wajah yang jelas tanpa menggunakan kacamata, penutup kepala atau masker dan foto ktp asli.
8. Kemudian klik lanjutkan dan masukkan nomor telepon anda, maka akan muncul kode OTP yang dikirimkan melalui sms maka anda sudah berhasil memverifikasi akun anda.
9. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online. Tes ini dilakukan untuk melihat kemampuan dari pendaftar.
10. Setelah menyelesaikan tes dan soal yang telah diberikan, selanjutnya anda klik “gabung”pada gelombang yang sedang dibuka saat ini.
11. Kemudian peserta tinggal menunggu pengumuman kelulusan peserta melalui sms. Pendaftaran Program Kartu Prakerja ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Exit mobile version