Penting Bagi Mahasiswa, Ini Tips Memilih Judul Skripsi

Tips Memilih Judul Skripsi

Foto : kompasiana.com

Suatu karya selalu memiliki judul yang mencerminkan isi dari karya tersebut. Judul juga menjadi penentu seseorang ingin mengetahui lebih dalam atau tidak terkait karya tersebut. Meski tidak selalu seperti itu, judul akan menjadi daya tarik utama suatu karya. Hal ini juga berlaku pada skripsi.

Sebagai salah satu karya ilmiah yang menjadi syarat mendapatkan gelar sarjana, judul skripsi seharusnya dibuat dengan menarik, berbobot, dan menggunakan susunan kata yang tepat untuk menggambarkan isi skripsi.

Meskipun hanya terdiri dari beberapa susunan kata, anda mungkin akan memikirkan judul skripsi berulang kali sebelum diserahkan dosen pembimbing dan dikenai revisi lagi. Berikut ini adalah tips memilih judul skripsi yang tepat.

1. Menentukan topik yang ingin dibahas

Judul skripsi memuat topik yang ingin anda bahas. Oleh karena itu, tentukan dulu topik seperti apa yang anda minati. Memilih topik yang diminati membuat anda lebih mudah memilah kata-kata untuk judul skripsi anda. Jika anda sudah menentukan topik, pembuatan judul skripsi menjadi lebih mudah dan terarah. 

2. Menyesuaikannya dengan kemampuan Anda

Buat judul skripsi yang tidak memberatkan anda, artinya anda harus menentukan judul yang bisa anda kerjakan secepat mungkin agar pengerjaan skripsi juga lebih mudah. Jika anda membuat judul yang mengandung topik yang berat, maka sulit pula bagi anda untuk menyusun isinya.

Berbekal topik yang ringan, buat judul yang terlihat berbobot supaya judul yang Anda buat memiliki eksistensi yang membuat pembaca tertarik.

3. Pertimbangkan dulu pendanaan yang akan dibutuhkan

Setiap mengerjakan skripsi, anda akan lebih sering turun di lapangan untuk melakukan banyak analisa terhadap topik yang ingin anda bahas. Anda mampu menentukan topik sesuai alokasi dana yang telah anda atur.

Topik yang telah disesuaikan dengan dana dan kemampuan Anda dalam mencari materinya sangat menentukan bentuk judul skripsi yang akan Anda buat. Jangan sampai Anda terlalu tertekan karena berpikir bahwa topik yang bisa Anda ambil menjadi lebih sempit. Padahal topik yang lebih terarah seperti ini akan menguntungkan bagi Anda.

4. Banyak membaca dari berbagai sumber

Untuk mendapat inspirasi judul skripsi, perbanyak membaca dari berbagai sumber seperti buku, koran, dan berita di internet. Biasanya, judul-judul pada berita di internet memiliki permainan kata yang apik sehingga membuat pembaca tertarik. Anda bisa mempelajari bagaimana cara membuat judul yang apik tanpa harus clickbait.

Mungkin saja Anda juga akan mendapat inspirasi topik sekaligus. Topik yang baik akan ditemukan pada sumber yang baik dan terpercaya pula. Oleh karena itu, perhatikan sumber bacaanmu lebih teliti.

5. Melakukan konsultasi bersama dosen pembimbing

Agar mendapat lebih banyak pencerahan saat menentukan judul skripsi, jangan lupa menghubungi dosen Anda untuk menanyakan saran dan tanggapan tentang judul yang telah Anda dapatkan.

Diskusikan dengan dosen Anda untuk menemukan judul yang tepat, tanyakan apa kekurangan pada judul yang Anda usulkan dan beri beberapa masukan yang entah akan ditolak atau diterima oleh dosen pembimbing Anda. Masukan apapun yang Anda berikan akan sangat berarti karena Anda sudah dapat menyalurkan ide yang Anda punya.

Saat memilih judul skripsi, usahakan menggunakan kata-kata yang padat dan jelas, tetapi cukup untuk mewakili topik yang ada dalam isi skripsi. Tidak perlu menggunakan kata yang bertele-tele dan memiliki banyak istilah yang sulit dimengerti. Cukup membolak-balikkan kata tanpa mengubah unsur kalimatnya.

Exit mobile version