Penting Bagi Pemula, Berikut 5 Tips Merawat Tanaman!

Foto : 1health.id

Suka dengan tanaman hias? Kegiatan di rumah aja bisa semakin menyenangkan jika anda menyukai tanaman hias. Atau selain tanaman hias anda dapat merawat tanaman berupa tanaman buah atau sayuran.

Ada kalanya tanaman anda tidak berkembang dengan baik, kemudian layu dan akhirnya mati. Tentunya hal tersebut tidak ingin terjadi bukan? Berikut ini tips merawat tanaman dengan mudah bagi pemula.

1. Persiapan Media Tanam

Tanah sebagai tempat tanaman itu haruslah memiliki nutrisi yang cukup. Kecukupan nutrisi berdampak positif terhadap perkembangan tanaman, setidaknya tanaman bisa lebih sehat dan tidak mudah layu. Nutrisi yang penting untuk tanah diantaranya yaitu fosdor, kalsium, sulfur, nitrogen, magnesium dan potasium.

Masukan pupuk kompos ke dalam tanah agar semakin gembur. Bisa juga memasukkan pupuk kandang berupa kotoran domba agar tanah kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

2. Metode Penyiraman

Tanaman juga membutuhkan air agar bisa tumbuh dengan baik. Anda sebaiknya mengetahui berapa kebutuhan air untuk sebuah tanaman. Hindari menyiram tanaman yang berlebihan. Berikut metode penyiraman yang tepat yang bisa anda terapkan di Rumah.

3. Sinar Matahari yang cukup

Setiap jenis tanaman pasti membutuhkan sinar matahari, anda pun harus mengetahui kebutuhan sinar matahari untuk tanaman. Sebagai contoh, tanaman sayur dan buah biasanya membutuhkan 6 jam untuk tersinari oleh matahari langsung. Sedangkan tanaman hias hanya sekitar 3-4 jam setiap harinya.

Untuk itu, hindari sinar matahari langsung sepanjang hari bahkan lebih dari 6 jam. Tanaman anda justru akan layu jika menperoleh sinar matahari yang berlebihan.

4. Kontrol suhu dan kelembaban

Dimana daerah rumah anda berada? Tempat yang lembab atau kering? Tanaman akan cocok dengan suhu rata-rata yang diinginkannya. Hindari memilih tanaman dingin sedangkan anda tinggal di tempat yang tropis.

Untuk menjaga kelembaban tanaman, anda bisa menggunakan alat bantu seperti humidifier. Atau bisa juga memberikan sumber air yang cukup di sekeliling tanaman.

5. Kontrol Hama dan Gulma

Agar tanaman tidak terkena hama atau gulma, anda sebaiknya rajin mengontrol tanaman agar tidak mudah terserang penyakit. Biasanya serangga atau ulat banyak menyerang tanaman pada area daun dan bunga.

Jaga selalu kualitas tanah dan memberi nutrisi yang baik agar tanaman semakin kuat. Kemudian optimalkan lokasi dan kondisi tanaman di sekitar rumah anda. Pangkas atau berantas rumput liar di sekitar tanaman. Tujuannya agar nutrisi dalam tanah tidak dimakan oleh gulma (rumput liar).

Selain hama dan gulma, anda juga sebaiknya memperhatikan setiap bagian tanaman. Potong tanaman yang kering dan mati agar tidak menyebar ke bagian yang lain. Biasanya penyakit yang ada pada tanaman dapat menyebar melalui bagian tanaman yang mati. Jika proses memotong bagian yang mati dilakukan segera, tanaman anda akan tumbuh subur.

Tertarik untuk merawat tanaman? Di Indonesia sendiri sebenarnya dapat mengembangbiakkan tanaman dengan mudah. Anda bisa dengan mudah juga menyiapkan segala yang dibutuhkan untuk memulai merawat tanaman. Tidak sedikit pula yang menjadikan tanaman sebagai mata pencaharian yang menghasilkan, bukan sekedar hobi.

Exit mobile version