Persiapkan Dirimu ! Lowongan CPNS 2021 Akan Dibuka

Lowongan CPNS 2021

Gambar : Mamikos

Ada kabar baik bagi Anda yang sedang menanti menjadi salah satu Abdi Negara. Kabarnya, Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka kembali pada tahun 2021. Pemerintah saat ini sudah memastikan akan membuka kembali lowongan tersebut. Rekrutmen pada tahun 2020 terpaksa ditiadakan karena penerimaan CPNS 2019 masuk dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sedangkan, SKB harus ditunda karena adanya pandemic COVID-19.

Andi Rahadian selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB menuturkan jika saat ini mereka sedang mempersiapkan pengajuan dan verifikasi instansi, baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut Lowongan CPNS 2021 ?

Persiapkan Dokumen yang Tepat dan Lengkap

Seperti yang kita tahu, penerimaan CPNS setiap tahunnya sangat membludak. Jutaan orang bersaing untuk mendapatkan posisi di Instansi yang mereka pilih. Sudah pasti proses rekrutmen akan sangat ketat dari awal hingga akhir. Oleh sebab itu diperlukan persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari. Seleksi pertama yang akan dihadapi adalah seleksi administrasi.

Dalam seleksi tersebut akan diminta untuk melengkapi dokumen selengkap-lengkapnya. Contohnya seperti ijazah, transkrip akademik, pas foto, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), dan masih banyak lagi. Selain dokumen pokok tersebut, biasanya terdapat dokumen tambahan yang diminta sesuai dengan Instansi yang dipilih seperti sertifikat TOEFL, Paklaring, dan lain-lain.

Latihan Soal dengan Matang

Seperti kata pepatah, Practice Makes Perfect! Semakin sering Anda berlatih maka hasilnya akan memuaskan. Jika ingin mengikuti ujian seleksi CPNS tidak bisa hanya dikebut dalam 1 malam. Diperlukan latihan yang rutin sejak berbulan-bulan sebelumnya. Saat ini sudah banyak soal-soal yang bisa Anda pelajari lewat buku atau browsing di internet. Apalagi Anda harus mulai membaca buku sejarah dan Undang-Undang Dasar (UUD). Karena dalam soal akan sering menyinggung mengenai Pancasila, Kemerdekaan, Pasal-Pasal, dan masih banyak lagi.

Berlatih Mengerjakan Soal Menggunakan Waktu

Hal ini sering sekali disepelekan dalam proses persiapan CPNS. Ketika mengikuti seleksi, Anda akan diberikan batasan waktu dalam mengerjakan soal. Banyak orang yang hanya fokus belajar tanpa memperhitungkan waktu yang akan diberikan. Padahal, jika Anda terbiasa latihan menggunakan waktu maka Anda dapat memperkirakan dan membuat strategi dalam pengerjaan soal.

Pelajari Mengenai Instansi yang Dituju

Ketika kamu memilih Instansi mana yang ingin dituju, sudah pasti kamu memiliki alasan tersendiri. Sebaiknya, sebelum memulai pendaftaran tidak ada salahnya Anda mencari tahu secara detail mengenai masing-masing Instansi. Kunjungi website setiap Instansi tersebut untuk mengetahui lokasi penempatan, gambaran tugas, berita-berita terupdate mengenai Instansi, dan sebagainya.

Selalu Jaga Kondisi Kesehatan

Itu sebabnya kenapa diperlukan persiapan secara matang sejak jauh hari supaya Anda tidak terlalu memforsir semuanya dalam waktu dekat. Jika terlalu dipaksakan dan Anda sering begadang menjelang ujian maka Anda akan kelelahan di hari ujian. Tentu saja hal ini membuat performa Anda tidak baik dan hasilnya akan kurang maksimal. Jaga kesehatan dengan istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat dan bergizi, dan olahraga. Karena jika tubuh bugar akan membantu Anda mudah konsentrasi saat ujian.

Berdoa

Ketika semua usaha sudah Anda kerjakan, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah berikhtiar. Berdoa kepada Tuhan semoga usaha yang Anda lakukan selama ini akan membuka jalan untuk menjadi CPNS. Minta restu dari Orang Tua dan keluarga sebelum memulai ujian supaya ketika mengerjakan tidak akan menemukan kendala.

Itulah beberapa point penting yang harus dipersiapkan jika ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2021 seperti dilansir dari Kompas Edukasi. Jadilah kompetitif dan bersainglah secara sehat!

Exit mobile version