PLN Online dan Aplikasinya yang Memudahkan Pengguna

PLN Online

Foto : Youtube Kunto Adi Wicaksono

Perusahaan Listrik Negara atau PLN adalah salah satu perusahaan milik negara yang berfungsi untuk mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Sudah ada sejak zaman penjajahan dan sampai sekarang tetap berdiri menjadi lembaga BUMN, PT PLN mempunyai 3 Portal utama dalam membantu meningkatkan pelayanannya. 

Dalam masing-masing portal membahas banyak layanan yang sudah disediakan oleh PT.PLN antara Lain :

1. Profil Perusahaan 

Didalam Portal PLN ini, menyediakan beberapa layanan : Pertama, Sambungan Baru yang digunakan untuk permohonan pelanggan atas penyambungan baru listrik secara online, Kedua, Perubahan daya yang digunakan untuk permohonan perubahan daya listrik secara online dan Ketiga Penyambungan Sementara yang digunakan untuk Penyambungan listrik secara online. Ketiga layanan ini dapat diakses di https://web.pln.co.id 

2. Pelayanan Pelanggan

Portal kedua PLN ini lebih menyediakan banyak layanan bagi pelanggan, antara lain :

Pertama, Pasang Baru untuk pelanggan yang mengajukan permohonan penyambungan listrik baru. Kedua, Sambung Sementara untuk pelanggan yang ingin mengajukan permohonan penyambungan listrik sementara. Ketiga, Ubah daya untuk pelanggan yang ingin melakukan permohonan perubahan daya listrik. 

Tidak hanya menyediakan Layanannya saja, Portal pelayanan pelanggan ini juga berisikan simulasi biaya yang bisa dicoba pelanggan sebelum melakukan transaksi  seperti simulasi pasang baru, simulasi sambung sementara dan simulasi ubah daya. Ketiga layanan ini beserta simulasinya dapat diakses di https://layanan.pln.co.id 

3. Stimulus Covid-19 (Token gratis/ diskon)

Portal PLN ini dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengklaim token listrik gratis dan diskon yang sudah diberikan oleh pemerintah. Anda bisa mengakses di https://stimulus.pln.co.id 

Ditengah Pandemi Seperti sekarang semua aktivitas berubah menjadi Online. PLN juga mempunyai solusi untuk mengatasi itu yaitu bentuk dari PLN Online adalah Aplikasi PLN Mobile yang sudah dapat di download di Google Play store. Aplikasi ini bahkan sudah di download lebih dari 170.000 pengguna. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna menggunakan aplikasi Pln Mobile. 

Pengguna bisa dengan cepat mendapatkan informasi seperti tagihan dan riwayat token, melakukan permohonan pasang baru, perubahan daya dan penyambungan sementara. Tidak hanya itu, ada beberapa fitur PLN Online yang diringkas dalam satu aplikasi Pln Mobile yang belum banyak diketahui orang. Antara lain :

1. Permohonan

Dalam fitur ini menawarkan tiga permohonan yang dapat diajukan pelanggan kepada PT PLN. Permohonan tersebut seperti permohonan mutasi tarif/daya, permohonan Penerangan Sementara (PESTA) dan dari permohonan pasang baru.

 2. Pembayaran

Dalam Fitur ini,  pelanggan dapat mengecek informasi total tagihan dengan mudah dan Pelanggan juga dapat mengetahui besaran biayanya . Caranya cukup memasukkan Nomor Booking yang telah diberikan PLN Pelanggan. Tidak hanya itu, Fitur ini juga menyediakan petunjuk tentang metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan.. Pilihan metode pembayaran yang tersedia yaitu Bank Mandiri, transfer antar bank dan Layanan Satu Pintu (LSP).

3. Informasi

Berbeda dengan fitur lainnya, Fitur “informasi” ini memiliki banyak manfaat bagi pelanggan. Informasi tentang  Simulasi Pasang Baru, Simulasi Perubahan Daya, dan Simulasi Penerangan Sementara dijelaskan lengkap dalam fitur ini. Selain itu, ada juga informasi Tagihan dan Token Listrik serta Informasi Tarif Listrik Berlaku yang mudah untuk diakses.

 Fitur yang baru-baru ini sudah ditambahkan oleh pihak PLN yaitu menu Informasi Kompensasi Tingkat Mutu Pelayanan. Fitur ini mempermudah masyarakat untuk mengetahui besaran ganti rugi yang diterima akibat padamnya listrik  yang menjadi kesalahan PLN. Khususnya Pulau Jawa yang sering mengalami pemadaman listrik 2-3 hari ini bisa mengganggu para bisnis rumahan atau industri kecil.

4. Pengaduan

PT PLN menyediakan tempat untuk keluhan dari pelanggan yang bisa disampaikan secara online melalui smartphone pelanggan. Berbeda dengan dahulu yang menggunakan Call Center sehingga menghabiskan Pulsa Pelanggan. Sekarang lebih praktis dan efisien karena adanya Aplikasi PLN MOBILE.

 

Exit mobile version