Prakerja Gelombang 9 sudah dibuka, Jangan Lupa Daftar!

Foto : potensibisnis.pikiran-rakyat.com

Kemarin, pada Tanggal 17 september pendaftaran prakerja gelombang 9 resmi dibuka. Kita tahu bahwa Prakerja ini adalah program dari pemerintah untuk memberikan bantuan kepada Pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Kuota atau jumlah penerima kartu prakerja gelombang 9 adalah 800.000 orang.

Untuk bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah ini, memang harus mendaftar dan memenuhi syarat terlebih dahulu. Berikut ada Tahap awal untuk  mendapatkan bantuan prakerja Gelombang 9 ini :

  1.     Sudah memenuhi syarat Prakerja

Sebelum mendaftar kartu prakerja ini, pastikan terlebih dahulu untuk memenuhi syarat-syarat Program Kartu Prakerja. Ada 2 syarat utamanya yaitu : Pertama, Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia. Kedua, Pendaftar memiliki usia paling rendah 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Program dari pemerintah ini diprioritaskan untuk pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM) yang terdampak penghidupannya akibat Covid-19. Selama Pandemi Covid-19 ini, banyak usaha yang tutup dan gulung tikar, Phk terjadi dimana mana dan semakin banyak pengangguran. Bantuan Prakerja inilah juga merupakan cara dari pemerintah untuk membantu ekonomi masyarakatnya karena pandemi Covid-19.

Adapun syarat lain, Beberapa orang tidak boleh diperkenankan untuk ikut jika merupakan Pejabat daerah, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Aparatur Sipil Negara, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi,Komisaris dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

  1.     Cara Pendaftaran Prakerja Gelombang 9

Pendaftarannya cukup mudah karena peserta dapat melakukan pendaftaran prakerja gelombang 9 secara online dengan mengakses link pendaftaran melalui laman https://prakerja.go.id. Setelah itu ikuti alur pendaftaran dengan mengisi nama lengkap, email dan sandi kata baru.Selanjutnya, cek email dan kata sandi baru dan ikuti kembali kembali petunjuk konfirmasi akun email.

Pendaftaran akan berhasil apabila sudah masuk ke situs prakerja untuk mengisi data dengan cara login memakai akun yang baru saja kamu buat. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi nomor ponsel dan Ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang sudah disediakan selama 15 menit.

Pendaftaran akan selesai apabila sudah menerima notifikasi apakah diterimanya sebagai peserta kartu prakerja gelombang 9 atau tidak. Jika kamu tidak bisa melakukan pendaftaran secara online, Anda bisa mendaftar secara offline melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau Pemerintah Daerah khususnya Dinas Ketenagakerjaan.

  1.     Sudah Daftar dan Gagal di Gelombang Prakerja Sebelumnya

Jika kamu sudah terdaftar dan tidak lolos dalam gelombang prakerja sebelumnya. Untuk mengikuti Prakerja Gelombang 9 ini tidak perlu melakukan proses pendaftaran dari awal lagi. Tinggal Masuk ke akun anda, Lalu cukup dengan memilih Gelombang Selanjutnya. Jika sudah gagal dalam 3 kali lolos prakerja.

Maka, kamu bisa melaporkan hal tersebut kepada Prakerja dengan cara mengunduh link “Pernyataan gagal 3 kali” lalu isi pernyataan tersebut dan kirimkan melalui email ke kepesertaan@prakerja.go.id. Nantinya akan dilakukan pengecekan oleh Manajemen Pelaksana Prakerja. Cara lain Pengaduan jika tidak lolos dapat juga melalui Hrd perusahaan tempat Anda Bekerja. Namun, Pastikan Anda sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Itu dia 3 Tahap Awal yang harus diikuti Para Pendaftar untuk mendapatkan Prakerja. Dilansir dari Kompas juga ada beberapa hal yang menyebabkan pendaftar tidak lolos seperti ada ketidaksesuaian nomor KTP dan KK.

 

Exit mobile version