Praktis, Inilah Manfaat dan Cara Buat Masker Madu Untuk Jerawat

Foto : diadona.id

Jerawat menjadi satu di antara masalah kulit wajah yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Mengalami masalah jerawat pada kulit wajah sebenarnya bisa diatasi dengan pergi ke dokter kulit atau menjalani perawatan kecantikan di klinik yang sudah berpengalaman. Namun, biaya yang harus anda keluarkan tidaklah murah.

Ada berbagai cara yang praktis dan bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan di sekitar kita seperti madu misalnya. Tak hanya memiliki manfaat yang besar untuk kulit , madu juga bisa digunakan sebagai masker untuk jerawat.

Manfaat Masker Madu Untuk Jerawat

Berbagai manfaat bisa diperoleh dari pemakaian masker madu secara rutin. Penggunaan masker yang terbuat dari madu ini juga aman dan diperbolehkan untuk pemakaian setiap hari. Satu manfaat yang paling umum adalah membantu mengurangi jerawat pada kulit wajah.

Cara kerja madu yang kaya akan antioksidan ternyata menjadi solusi tepat mengatasi jerawat. Madu diperkaya dengan antibakteri dan antiseptik yang terdapat pada Hidrogen Peroksida di dalamnya. Kandungan antioksidan pada madu juga membantu meregenerasi sel kulit mati untuk membuat kulit terasa lembab dan sehat.

Madu juga bisa mengurangi peradangan pada jerawat, sehingga jerawat bisa lekas menipis dan tersamarkan bekasnya. Nah, anda bisa mencoba masker madu alami sebagai alternatif untuk mengobati jerawat. Berikut adalah tiga cara membuat masker madu yang praktis di rumah

1.  Mengatasi Jerawat Untuk Semua Jenis Kulit

Tidak hanya kulit berminyak saja, kulit kering juga seringkali dihinggapi jerawat. Madu alami yang dipadukan dengan alpukat atau yoghurt bisa membantu mengatasi masalah jerawat yang membandel. Kandungan vitamin E pada alpukat membantu mengurangi peradangan serta membuat wajah lebih halus merata.

Campurkan madu murni dan buah alpukat yang telah ditumbuk atau satu sendok makan yoghurt tanpa rasa. Tambahkan perasan lemon secukupnya dan campur hingga terbentuk pasta. Kemudian gunakan pada wajah yang masih setengah basah. Diamkan 20 menit kemudian bilas menggunakan air bersih, biarkan kering dengan sendirinya.

2.  Dapat Mengatasi Bekas Jerawat

Manfaat lain dari masker madu juga adalah dapat membantu mengatasi bekas jerawat di wajah, caranya dengan mencampurkan madu alami dengan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan anti radang yang membantu mengempeskan jerawat. Selain itu, bahan lain yang diperlukan adalah lemon yang berfungsi mencerahkan serta menyamarkan bekas jerawat.

Cara membuat maskernya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh madu dengan perbandingan sama gel lidah buaya. Campur kedua bahan tersebut dengan perasan lemon sebanyak 4 hingga 5 tetes. Aduk hingga menjadi pasta kemudian gunakan pada wajah untuk masker alami. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keringkan wajah menggunakan handuk lembut.

3.  Mencegah Jerawat

 Bagi yang belum pernah mengalami masalah jerawat, maka masker madu yang dipadukan dengan beras bisa mencegah jerawat datang. Beras membantu mengurangi bintik hitam dan membuat kulit lebih cerah. Tambahkan juga teh hijau dan perasan lemon untuk menambah kandungan antioksidan yang berguna bagi kulit wajah.

Campur satu sendok makan madu murni dengan setengah sendok teh beras yang sudah ditumbuk. Selanjutnya, tambahkan perasan lemon secukupnya serta campuran bubuk teh hijau. Aduk semua bahan kemudian gunakan pasta tersebut sebagai masker. Diamkan masker pada wajah selama 30 menit sebelum dibilas dengan air mengalir.

Itulah beberapa manfaat masker madu untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Pembuatan masker madu secara alami bermanfaat juga bagi kulit dan tentunya akan mendapat hasil yang lebih maksimal. Bahan alami yang digunakan lebih kaya nutrisi dan bisa memberikan tampilan wajah semakin sehat tanpa jerawat.

 

Exit mobile version