Review Aplikasi BMKG Dari Pengguna

Review Aplikasi BMKG

Gambar : akurat.co

Aplikasi BMKG merupakan aplikasi buatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti menyajikan informasi perkirakan cuaca dalam tiga hari pada pagi,siang, sore dan dini hari di seluruh kabupaten atau kota di Indonesia serta cuaca di lokasi pengguna. Bahkan Aplikasi BMKG ini pernah menjadi yang terpopuler dibandingkan aplikasi tiktok dan instagram.

Fitur dari aplikasi BMKG ini juga memiliki fungsi menjelaskan informasi gempabumi M >5.0 dan diinformasikan dalam waktu kurang lebih 5 menit-an. Sedangkan untuk gempabumi yang dirasakan informasinya akan lebih lama karena membutuhkan data dalam skala yang modified mercalli intensity atau MMI dari laporan masyarakat sekitar.

Informasi dari Aplikasi BMKG ini juga memuat peringatan dini cuaca di beberapa provinsi Indonesia dan memberikan peringatan untuk gempa bumi, peringatan dini cuaca dan siaran pers resmi dari BMKG. Selain itu ada juga informasi hari tanpa hujan , perkiraan hujan dan analisis hujan bulanan di seluruh wilayah Indonesia.

Tak hanya itu saja, Aplikasi ini juga dilengkapi Informasi kualitas udara (PM10) di beberapa kota di Sumatera dan Kalimantan setiap jam dan Informasi Cuaca maritim perairan dan cuaca bandara. Semua informasi tersebut terangkum di sebuah aplikasi mobile. Jika dilihat dari informasi yang disajikan tentu sudah lengkap.

Banyaknya  fitur informasi yang ditawarkan, Aplikasi info BMKG  sudah mendapatkan rating 4,3 di google Play Store dan mendapatkan ulasan yang cukup bagus dari beberapa pengguna. Namun, masih ada beberapa fitur yang belum berjalan baik di Aplikasi BMKG ini terlihat dalam beberapa ulasan pengguna yang mengeluhkannya.

Pengguna bernama Edo Pudiyo Raharjo mengungkapkan, “Aplikasi info BMKG ini sudah bagus, namun untuk update terbarunya perlu pengembangan lebih lanjut agar bisa lebih bagus lagi. Apalagi jika ada pesan atau berita hoax yang muncul mengenai klimatologi yang beredar di media sosial. Selain itu, fitur Widget juga diperlukan agar user lebih cepat mengetahui info cuaca serta lebih cepat di home screen dari pada membuka aplikasi nya terlebih dahulu”.

Sedangkan ada juga pengguna yang bernama Rovichcool yang setuju dengan pendapat Edo Pudiyo ini untuk menambah fitur widget pada aplikasi. Rovitchcool mengungkapkan, “Aplikasinya keren, kalau bisa ditambah menu widget agar informasinya bisa muncul di layar tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Terutama untuk informasi cuaca dan info penting gempa, badai dan lainnya”.

Selain itu, Pengguna lain pun ikut mengkritik aplikasi info BMKG ini. Seperti pengguna bernama Laksamana meigi yang mengungkapkan bahwa aplikasi sering eror. “Aplikasinya sangat bermanfaat, namun aplikasinya selalu eror tidak dapat menemukan lokasi. Selalu menampilkan Jakarta pusat mulu, mohon perbaikannya”.

Nah, ternyata tidak sedikit keluhan yang masuk untuk Aplikasi BMKG ini. Pengguna bernama Yopie juga mengungkapkan keluhan yang sama dengan pengguna sebelumnya bahwa sistem GPS perlu diperbaiki, “Tolong diperbaiki sistem GPS nya. Saya sudah set di HIGH Accuracy tapi tetap saja lokasi tidak sesuai dengan posisi saya berada. Saya tinggal di Bandung, tetapi menurut sistem GPS BMKG, lokasi saya di  Cimahi, Kab Kuningan. Sementara Kota Cimahi dan Kab Kuningan jaraknya ratusan kilometer.”

Dikutip dari liputan6, para pengguna Aplikasi BMKG mengatakan masih ada beberapa fitur dari aplikasi yang perlu diperbaiki atau ditambahkan. Sehingga aplikasi BMKG ini masih perlu beberapa pengembangan yang terbaru. Sehingga, para pengguna lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan aplikasi BMKG tersebut.

Exit mobile version