Rilis PS 5 Indonesia, Beserta Spesifikasi dan Harga

Foto : fin.co.id

Kabar terbaru untuk para gamer di Asia Tenggara khususnya penggemar konsol Sony PlayStation. Namun, sangat disayangkan peluncuran Playstation 5 atau PS 5 akan mengalami penundaan di sejumlah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Untuk Negara Singapura telah menerima Pre Order PS 5 gelombang kedua.

Dikarenakan banyak kendala di tahun 2020 ini memang para gamer dari beberapa negara harus menunggu lebih lama sampai 2021 untuk membeli konsol PS 5. Para Gamers sempat cemas dan menyampaikannya melalui media sosial. Kecemasan ini ditimbulkan karena takut pihak sony tidak akan merilis PS 5 di Kawasan Asia Tenggara pada akhir tahun seperti yang telah direncanakan sebelumnya.

Kehebohan penggemar di Asia Tenggara bahkan saat melihat tagline “Launches Holiday 2020” telah dihapus dari situs web regional PS 5. Diketahui kata kata :Holiday” merujuk pada bulan November atau Desember yang pada dasarnya liburan akhir tahun. Kejadian Penghapusan Tagline seakan menandakan bahwa peluncuran PS 5 di Asia Tenggara tertunda sampai 2021 atau bahkan tidak jadi masuk ke Asia Tenggara.

Diketahui dalam Situs PS 5 untuk negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam yang hanya menampilkan gambar konsol next-gen dibagian atas halaman arahan masing-masing. Hanya di Singapura prosesnya sangat cepat yang memperkirakan tanggal peluncuran pada 19 November bahkan ada preorder gelombang kedua disana.

Untuk rilis PS 5 Indonesia ditunda karena adanya pandemi virus corona. Tidak hanya di Asia Tenggara, penundaan juga terjadi di beberapa negara seperti Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Australia, Meksiko, Korea Selatan dan Selandia baru dijadwalkan pada 12 November. Sedangkan negara lain akan menunggu sampai 19 November tetapi masih kecil kemungkinan akan tetap diadakan di Negara Asia Tenggara dari Indonesia sampai Thailand.

Singapura menjadi Negara pilihan dari perusahaan Sony untuk negara masa preorder, karena Singapura merupakan negara terkaya di asia tenggara dalam hal PDB per kapita. Alasan ini sangat tepat dipilih oleh perusahaan sony untuk peluncuran secara global tidak lagi memungkinkan. Mengingat Singapura tercatat sebagai negara pembelanja terbesar di dunia dalam pembelian produk game.

Dari segi harga PlayStation 5 pada November 2020 ini dengan harga $499 atau sekitar Rp 7,4 Juta dan $399 atau sekitar Rp 5,9 Juta untuk varian tanpa disk drive. Pengumuman harga ini masih menjadi awal pertarungan akhir tahun antara Xbox dan Playstation. Untuk Xbox Series X dan PlayStation 5 memang dibanderol dengan harga yang sama namun berbeda dengan PlayStation 5 digital edition yang dibanderol $399 dengan diskon substansial dalam hal kinerja perangkat keras.

Selain itu, ada perubahan gaya yang dibawa oleh generasi terakhir ke Playstation 5 yang didominasi warna putih dan menawarkan versi tanpa disk drive karena unduhan digital sekarang menjadi populer. Banyak judul game baru yang akan diluncurkan untuk konsol seperti Final fantasy XVI dari Square Enix, Game “God of War” baru dari santa monica studio milik sony dan sebuah game role playing “Harry Potter”.

Jajaran Games yang ditawarkan oleh sony sangat fantastis dan menampilkan lebih bertaruh agresif pada game ekslusif. Sementara saingan dari Sony yaitu Microsoft lebih berfokus pada harga yang lebih murah untuk membawa pengguna ke ekosistem XBOX. Dari kedua perusahaan ini menunjukkan bahwa pendapatan industri game tumbuh di antara konsumen yang tinggal di rumah karena pandemi Covid-19.

 

Exit mobile version