Segera Dibuka, Yuk Simak Tata Cara Pendaftaran CPNS sscn.bkn.go.id

Pendaftaran CPNS sscn.bkn.go.id

Foto : wartapontianak.pikiran-rakyat.com

Pemerintah kembali membuka Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil untuk tahun 2021. Pendaftaran ini dibuka untuk puluhan ribu pegawai negeri sipil di Mahkamah Agung dan Kemenkumham khusus pelamar D3. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kembali memperingatkan bahwa pendaftaran dilakukan secara resmi melalui situs https://sscn.bkn.go.id secara online.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar melalui situs adalah identitas diri yang nanti akan di input harus sama dengan data akta kelahiran seperti nama, tempat lahir dan jenis kelamin. Beberapa dokumen juga perlu disiapkan sebelum mendaftar CPNS melalui portal SSCN. Dokumen ini terdiri dari Kartu Identitas yaitu KTP, Diploma, Transkrip Nilai, Foto dan dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan lembaga yang akan dituju.

Setelah menyiapkan beberapa dokumen, tidak ketinggalan beberapa ketentuan yang harus diketahui sebelum mendaftarkan CPNS di portal SSCN yaitu pendaftar sudah harus bisa memasuki portal SSCN : https://sscn.bkn.go.id, pilih “pengumuman” agar dapat menemukan informasi tentang apa saja institusi yang dibuka dan “agensi” untuk dilihat. Agensi yang terlihat di portal adalah agensi yang melekat pada agensi yang telah mendaftar atau akan dibuka.

Saat pendaftaran berlangsung, pelamar hanya boleh mengajukan permohonan untuk satu posisi dalam satu jenis formasi baik formasi umum atau khusus untuk lulusan terbaik (cumlaude) atau formasi khusus untuk laki-laki atau perempuan Papua dan Papua barat atau formasi cacat khusus di satu agensi pada periode yang sama. Selain itu, pelamar juga dapat mendaftar di berbagai lembaga dalam periode yang berbeda.

Dalam portal SSCN juga sudah menyediakan beberapa pilihan menu seperti “jadwal dan persyaratan” untuk melihat jadwal, Pilih “Helpdesk & Complaint” untuk bantuan dan keluhan, Pilih “FAQ” untuk mencari masalah dan pilihlah “Call Center” untuk menghubungi agen pendaftaran yang Anda lamar. Berikut ini Tata cara pendaftaran CPNS sscn.bkn.go.id :

1. Klik pendaftaran dan halaman untuk mengisi data diri seperti nomor registrasi populasi dan Nomor Kartu Keluarga atau Kepala Keluarga NIK (NIK KK) yang muncul

2. Jika sudah mengisi data diri, masukkan kode captcha terlampir dan kode captcha tidak case sensitive.

3. Setelah semua data di atas telah dimasukkan maka klik “lanjutkan” untuk proses selanjutnya. Pelamar mengisi dan membandingkan data pada KTP dengan data diploma. Proses pengarsipan CPNS akan menggunakan data diploma sebagai data karyawan dasar.

4. Selanjutnya data lain yang harus diisi yaitu email yang aktif dan valid, kata sandi yang akan digunakan untuk login kembali, pertanyaan keamanan 1 dan jawaban keamanan yang telah dipilih, pertanyaan keamanan 2 dan jawaban keamanan  yang telah Anda pilih.

5. Masukkan kode captcha yang muncul di layar dan pastikan Anda mengisi semua data dengan benar karena data yang telah disimpan tidak dapat diubah kembali.

6. Klik “daftar” dan proses selanjutnya memasukkan halaman pemberitahuan bahwa pendaftaran ke portal SSCN berhasil dan klik cetak informasi pendaftaran untuk mencetak kartu informasi akun sebagai bukti pemohon telah berhasil mendaftar ke portal SSCN.

7. Setelah pemohon berhasil mendaftar silakan ke https://sscn.bkn.go.id dengan mengklik tombol “login” yang memilih di sudut kanan atas.

8. Masukkan NIK dan kata sandi maka halaman form biodata peserta akan muncul kemudian masukkan formulir biodata pemohon

9. Klik “Simpan” jika selesai mengisi data dan setelah itu klik “daftar” untuk proses pembaruan pendaftaran yang akan dijalankan.

10. Terakhir, Anda sudah bisa mendaftar agensi yang dituju. Jika sudah selesai Anda dapat mencetak kartu ujian.

 

Exit mobile version